MEDAN, HOLOPIS.COM – Banjir dengan ketinggian mencapai satu meter merendam ratusan rumah yang tersebar di sembilan kecamatan di Kota Medan, Sumatera Utara.

Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari mengatakan, setidaknya sebanyak 3.267 rumah warga terendam banjir berkisar antara 30 sentimeter (cm) hingga satu meter sejak Minggu (27/2) lalu.

“Banjir ini melanda 9 kecamatan, antara lain Kecamatan Medan Johor, Kecamatan Medan Selayang, Kecamatan Medan Maimun, Kecamatan Medan Baru, Kecamatan Medan Sunggal, Kecamatan Medan Polonia, Kecamatan Medan Denai, Kecamatan Medan Labuhan, dan Kecamatan Medan Amplas,” kata Abdul, Selasa (1/3).

Banjir Di Kota Medan
Proses Evakuasi Warga Kota Medan Yang Terdampak Banjir. Gambar: Ist.

Peristiwa ini terjadi setelah hujan dengan intensitas tinggi serta meluapnya Sungai Deli, Sungai Babura, Sungai Sei Batuan dam Sungai Sanggal hingga masuk ke pemukiman warga.

“Sedikitnya 3.267 KK atau 9.428 jiwa terdampak dan 185 jiwa memilih untuk mengungsi,” imbuhnya.

Banjir Di Kota Medan
Pengungsian Warga Yang Terdampak Banjir Di Kota Medan. Gambar: Ist.

Proses evakuasi warga saat ini masih terus berlangsung dan dilanjutkan dengan pendirian tenda dan dapur umum telah dibuat bagi warga yang memilih mengungsi atas kejadian ini.