JAKARTA, HOLOPIS.COM – Perdana Menteri (PM) Denmark Mette Frederiksen mempersilahkan warganya bergabung menjadi sukarelawan membantu Ukraina melawan Rusia.

Dilansir dari Alarabiya News, Denmark kabarnya akan membiarkan warganya bergabung dengan brigade internasional yang dibentuk untuk membantu Ukraina memerangi pasukan Rusia yang kini tengah gencar melakukan agresi militer.

PM Mette Frederiksen dalam keterangannya, Minggu, (27/2) mengatakan, bahwa hal ini tidak hanya berlaku bagi warga Ukraina yang tinggal di Denmark saja.

“Itu adalah pilihan yang bisa dibuat siapa saja. Ini berlaku untuk semua warga Ukraina yang tinggal di sini, tetapi juga untuk orang lain yang berpikir mereka dapat berkontribusi langsung pada konflik,” ujarnya.

“Tidak ada pandangan pertama yang secara hukum akan mencegah seseorang pergi ke Ukraina untuk berpartisipasi dalam konflik, di pihak Ukraina,” tambahnya.

Seperti yang telah diketahui bersama, PM Mette Frederiksen jadi salah satu kepala negara yang lantang menyoraki aksi Rusia terhadap Ukraina.

Frederiksen sebelumnya bergabung dengan 10.000 orang di depan kedutaan Rusia di Kopenhagen untuk mengutuk invasi Rusia tersebut.

“Anda semua dan seluruh Eropa yang terancam oleh Rusia. Kami menangis bersamamu,” ujarnya kepada banyak orang.

Diketahui sebelumnya, pada Minggu pagi waktu setempat Volodymyr Zelensky selaku Presiden Ukraina mendesak orang asing untuk pergi ke kedutaan besar Ukraina di seluruh dunia untuk mendaftar ‘Brigade Internasional’, di mana kelompok tersebut merupakan wadah bagi para sukarelawan untuk membantu memerangi invasi pasukan Rusia.

Volodymyr sebelumnya juga telah meminta khal layak umum dengan pengalaman tempur untuk datang membantu membela negaranya.