JAKARTA, HOLOPIS.COM Pertempuran antara Rusia dan Ukraina semakin meluas dimana saat ini kota Kharkiv, Ukraina ikut menjadi medan perang untuk beradu tembakan dan ledakan senapan mesin kedua negara.

“Kendaraan musuh (Rusia) telah masuk ke kota, angkatan bersenjata Ukraina melenyapkan musuh.” Kata Kepala Administrasi Regional Ukraina Oleg Sinegubov, dilansir dari CNA, Minggu (27/2).

Sinegbov pun mengimbau masyarakat untuk tidak keluar rumah demi keselamatan mereka dengan kondisi perang di setiap sudut jalan kota saat ini. Ketika pertempuran sedang berkecamuk di Kharkiv, pemerintah kota Kyiv mengatakan, ibu kota tetap berada di bawah kendali pasukan Ukraina meskipun terjadi bentrokan dengan Rusia.

Sementara itu, Kementerian Pertahanan Rusia mengklaim bahwa pasukannya telah mengepung kota Kherson di Ukraina selatan dan kota Berdyansk di tenggara.

Pasukan Ukraina
Pasukan Ukraina di luar kota Kharkiv (Foto: (AP Photo/Andrew Marienko )

“Dalam jangka waktu 24 jam, kota Kherson dan Berdyansk telah diambil alih oleh pasukan bersenjata Rusia,” kata juru bicara Menteri Pertahanan Rusia, Igor Konashenkov.

Ia juga menambahkan bahwa pasukan Rusia telah berhasil merebut Genichesk, dan Sea of Azov, lapangan terbang dekat Kherson.

Sejak mulai invasi pada Kamis (24/2), pasukan Rusia telah memasuki Ukraina dari utara, timur, dan selatan. Namun usaha mereka mengalami kesulitan melihat perlawanan hebat dari pasukan Ukraina.