JAKARTA, HOLOPIS.COM – Kementerian Luar Negeri (Kemlu) akan segera melakukan evakuasi terhadap ratusan Warga Negara Indonesia (WNI) yang masih berada di Ukraina.

Direktur Perlindungan WNI Kemlu RI Judha Nugraha menjelaskan, ratusan WNI tersebut rencananya akan segera dievakuasi ke dua negara yakni Polandia dan Rumania yang dianggap lebih aman.

“Saat ini kita melakukan upaya penjemputan kepada warga negara kita yang ada di Odessa oleh tim kita sedang memantau. Kita juga telah menyiapkan pesawat dan juga tim evakuasi sebagai upaya evakuasi. Sebagai upaya antisipasi ketika nanti para WNI kita sudah bisa dialokasi bukan hanya di titik save house namun kita bawa ke luar Polandia dan Rumania,” kata Judha, Sabtu (26/2).

Evakuasi tersebut, menurut Judha, akan dilakukan melihat situasi dan keamanan di Ukraina yang saat ini masih terus bersitegang dengan Rusia.

“Kita akan lakukan secepatnya, kita akan melihat situasi di lapangan. Kita akan bergerak ketika memang sudah ada jalur aman bagi pergerakan warga negara kita menuju Polandia dan ke Rumania,” ungkap nya.

Judha kemudian berpesan, untuk 153 orang WNI yang rata rata pekerja migran ada di Ukraina itu untuk mendekat ke KBRI ataupun ke safe house yang telah disediakan saat ini.

“Sedangkan WNI yang ada di selatan Ukraina yaitu di Odessa kita juga meminta mereka berkumpul di sana beberapa titik dan juga yang ada di Lviv, yang dekat dengan perbatasan dengan Polandia,” bebernya.