Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Telepon Xi Jinping, Putin Akui Siap Negosiasi dengan Ukraina

JAKARTA, HOLOPIS.COM – Presiden Rusia, Vladimir Putin, mengatakan kepada Presiden China, Xi Jinping, bahwa ia bersedia bernegosiasi dengan Ukraina di tengah perang kedua negara tersebut.

Dikutip dari Media pemerintah China, CCTV, melaporkan bahwa Xi berbincang dengan Putin melalui telepon pada hari ini, Jumat (25/2).

Dalam perbincangan itu, Putin menyatakan bahwa Rusia” bersedia melakukan negosiasi tingkat tinggi” dengan Ukraina saat ini.

Saat berbincang,Putin mengeluhkan Amerika Serikat danNATO yang terus mengabaikan “kekhawatiran keamanan Rusia dan berulang kali mengingkari komitmen mereka.”

Sementara itu, Xi menuturkan China akan mendukung penyelesaian masalah antara Rusia dan Ukraina ini lewat negosiasi.

“China bersedia bekerja sama dengan seluruh pihak komunitas internasional untuk mengadvokasi konsep keamanan bersama, komprehensif, kooperatif, dan berkelanjutan,” demikian kutipan laporan CCTV tersebut.

Xi juga mendesak seluruh pihak untuk meninggalkan mentalitas perang dingin dan menghormati masalah keamanan yang sah dari seluruh negara.

Sebagaimana dilansir Reuters, Xi juga menyatakan ia menghargai kedaulatan dan integritas teritorial seluruh negara.

China merupakan salah satu negara yang memiliki hubungan dekat dengan Rusia. China menolak mengakui tindakan Rusia di Ukraina sebagai “invasi” ataupun mengkritik Moskow atas operasi militernya di Kiev.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Prabowo Subianto Dijadwalkan Temui Presiden Filipina

Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto kembali melakukan kunjungan kenegaraannya ke sejumlah negara yang ada di kawasan Asia.

Puluhan Orang Tewas Akibat Pager-Walkie Talkie Meledak di Lebanon

Sebanyak 20 orang meninggal dunia dan 450 lainnya luka-luka karena ledakan perangkat komunikasi atau pager-walkie talkie di Lebanon.

Yoshihiro Hidaka Ditikam Anaknya Sendiri

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Direktur utama Yamaha Motor Company, Yoshihiro...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru