Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Survei LSP : Mayoritas Partai Berpotensi Dukung Prabowo Presiden

“Dukungan publik terhadap Prabowo terus meningkat. Elektabilitas nya dalam berbagai simulasi yang diujikan dalam survei terus menunjukkan hal tersebut. Dalam pertanyaan top of mind 25,3 Persen, dalam pertanyaan tertutup meningkat menjadi 27,3 Persen, lalu pada simulasi yang memasukkan 8 capres, 6 capres dan 3 calon Presiden Prabowo terus mengalami peningkatan elektabilitas sampai menembus 30,7 persen. Prabowo juga punya basis dukungan yang sudah kuat, terlembaga lama secara mapan dan jaringan struktur partai politik yang tentu solid mendukungnya dan mendeklarasikannya menjadi calon Presiden satu-satunya dari Gerindra. Informasi massif tentang elektabilitas Prabowo yang tinggi, juga bisa jadi alasan yang kuat terus menaikannya persentase keterpilihan tersebut, di samping membaiknya persepsi personal sosok Prabowo di mata publik,” tukas Indra.

Selain mengukur tingkat elektabilitas calon presiden, LSP juga mengukur tingkat elektabilitas partai politik. Di mana jika pemilu digelar hari ini, partai apa saja yang bakal didukung. PDIP masih berada di urutan teratas, kemudian disusul oleh Partai Gerindra, lalu di bawahnya ada Partai Golkar dan seterusnya.

PDIP (21,8%), Gerindra (20.5%), Golkar (7,2%), PKB (7,1%), Demokrat (5,5%), PKS (5,1%), PPP (4,5%), NasDem (4,1%), PAN (2,6%).

“Secara signifikan elektabilitas Gerindra bergerak dan berhasil mendekati PDI-P. Diduga efek personalisasi partai politik dimana peningkatan pilihan publik terhadap Prabowo meningkatkan pilihan pula bagi Gerindra karena Gerindra adalah Prabowo dan Prabowo adalah Gerindra,” terangnya.

Dukungan Parpol terhadap nama Capres

1. Prabowo Subianto : PKB (1,9%), Gerindra (15,8%), PDIP (1,7%), Golkar (1,1%), PKS (1,2%), NasDem (0,7%), PPP (0,2%), PAN (0,8%), Demokrat (0,8%).
2. Anies Baswedan : PKB (1,0%), Gerindra (0,8%), PDIP (1,9%), Golkar (1,0%), PKS (2,1%), NasDem (1,8%), PPP (2,7%), PAN (0,7%), Demokrat (0,5%).
3. Ganjar Pranowo : PKB (1,1%), Gerindra (1,0%), PDIP (8,6%), Golkar (1,1%), PKS (0,1%), NasDem (0,3%), PPP (0,1%), PAN (0,3%), Demokrat (0,4%).

Kesimpulan besarnya dari hasil survei ini adalah, elektabilitas Prabowo Subianto secara sangat dominan ditempati oleh para pemilih Gerindra juga. Ada juga pemilih partai Gerindra yang memilih calon presiden lain seperti Ganjar, Anies, Sandi, dan calon Presiden lain tetapi tentunya tidak signifikan.

“Dari pemetaan juga terlihat Prabowo juga didukung pemilih partai politik lain seperti PDIP, PKB, Golkar, PKS dan partai lainnya. Anies dipilih oleh pemilih PPP, PKS, PDIP, PKB dan NasDem, Sementara pemilih Ganjar tentu didominasi oleh pemilih PDIP, PKB, Golkar dan Gerindra,” pungkasnya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Tawuran di Bekasi Tewaskan Seorang Remaja

HOLOPIS.COM, BEKASI - Seorang remaja berinisial  WS tewas terkena...

KPK Dalami Penempatan Dana Taspen ke Sejumlah Sekuritas

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengungkap penempatan...

Rugi Puluhan Juta Rupiah, Pengusaha Karawang Lapor Proyek Fiktif ke Polres

Ferry Dharmawan, seorang pengusaha asal Karawang, melaporkan dugaan penipuan dan penggelapan yang dilakukan oleh pria berinisial EA ke Polres Karawang. Dugaan tersebut terkait proyek fiktif yang menyebabkan kerugian materiil bagi Ferry, setelah ia menyerahkan uang puluhan juta rupiah.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru