Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Catat! Tes Kepatuhan Uji Emisi Akan Dilakukan Sepanjang Tahun 2022 di 24 Ruas Jalan Jakarta

JAKARTA, HOLOPIS.COMKendaraan yang tidak lulus uji emisi tidak akan ditilang, namun akan diberikan surat peringatan. Tes kepatuhan uji emisi kendaraan ini, akan dilaksanakan Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Perhubungan DKI Jakarta berkolaborasi dengan Polda Metro Jaya  sepanjang tahun 2022.

“Dikasih surat peringatan untuk perbaiki kendaraan dan uji emisi lagi, dan itu bukan tilang,” kata Yogi Ikhwan, Humas Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Kamis (24/2).

Tes kepatuhan uji emisi ini, akan diberlakukan untuk kendaraan bemotor roda dua ataupun empat. “Mobil dan motor juga,” tambahnya.

Sebagai informasi, 24 ruas jalan di Jakarta akan dilakukan uji kepatuhan emisi kendaraan bermotor. Kegiatan ini bertujuan, untuk melihat tingkat kepatuhan masyarakat pemilik kendaraan bermotor terhadap uji emisi.

Nantinya, pelaksanaan tes kepatuhan uji emisi petugas akan meminggirkan kendaraan yang melintas untuk dicek status uji emisinya. Lalu, Kendaraan yang sudah melakukan uji emisi dan dinyatakan lulus bisa melanjutkan perjalanan.

Sedangkan, kendaraan yang belum uji emisi diarahkan ke tempat uji emisi yang disediakan di lokasi berlangsungnya kegiatan.

“Kegiatan akan dilaksanakan di 24 ruas jalan selama tahun 2022. Kita sengaja tidak umumkan jalan mana saja, nanti pengendara malah menghindari jalan tersebut,” ujar Tiyana, Kepala Seksi Penanggulangan Pencemaran Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, (23/2).

Tiyana menjelaskan, langkah ini diambil dengan tujuan meningkatkan kesadaran dan menumbuhkan rasa tanggung jawab masyarakat pemilik kendaraan bermotor agar tidak mencemari lingkungan.

Menurutnya, terciptanya emisi kendaraan yang memenuhi ambang batas baku mutu emisi gas buang diharapkan dapat memperbaiki kualitas udara di DKI Jakarta

“Uji emisi adalah pengukuran gas buang kendaraan bermotor untuk mendeteksi kinerja mesin kendaraan. Uji emisi juga bermanfaat untuk mengukur kualitas mesin dari setiap kendaraan. Dengan menguji emisi akan diketahui kadar zat yang berbahaya atau tidak bagus untuk lingkungan,” tandas Tiyana.

 

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

BMW Eurokars Kebon Jeruk Jadi Diler Berkonsep Retail.Next di Jakarta Barat

BMW Group Indonesia meresmikan dealernya, dengakn konsep yang berbeda. Kali ini, BMW Eurokars Kebon Jeruk hadir dengan konsep Retail.Next dan tampilan yang mewah serta eksklusif.

Huawei Mau Ikut Ramaikan Pasar Kendaraan Listrik di Indonesia

Huawei dikabarkan akan memperluar sayap bisnisnya di Indonesia, tidak hanya di pasar teknologi informasi dan komunikasi. Seperti diketahui, Huawei punya beberapa produk gadget yang dipasarkan di Indonesia.

Pabrik Handal Bekasi jadi Lokasi Perakitan Mobil Listrik Neta X

Mobil Listrik Neta X mulai dirakit di pabrik Handal, Bekasi, Jawa Barat. Ini menjadi produk kedua PT Neta Auto Indonesia yang dirakit di Indoensia, setelah sebelumnya ada Neta V-II.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru