Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Usai Rusia Akui Kemerdekaan, Ukraina Terancam Kehilangan Dua Willayah

JAKARTA, HOLOPIS.COM – Ukraina saat ini Tengah terancam kehilangan wilayah Donetsk dan Luhansk usai Presiden Rusia, Vladimir Putin, mengakui kemerdekaan dua wilayah tersebut menyusul konflik di perbatasan yang tak kunjung usai.

Jika kedua wilayah tersebut betul-betul lepas dari Ukraina dan menjadi negara berdaulat, Donestk dan Luhansk bisa jadi wilayah kedua di bawah pengaruh negara Rusia, setelah Moskow mencaplok Crimea pada 2014 yang lalu.

Beberapa bulan usai pencaplokan Crimea, kedua Wilayah di Ukraina Timur itu menggelar pemungutan suara untuk mendeklarasikan pemisahan wilayah dan mengajukan diri sebagai bagian dari Rusia.

Namun, menurut laporan CBS News, Moskow tak menerima tawaran itu, tapi memanfaatkan wilayah Donbas sebagai alat untuk menjaga Ukraina agar tetap di oribitnya dan mencegah Kiev bergabung dengan NATO. Wilayah ini dikuasai kelompok separatis yang didukung Rusia. Mereka kerap bertempur dengan pasukan Ukraina.

Rusia dalam hal ini disebut-sebut turut terlibat dengan mengirim pasukan dan memasok senjata ke kelompok pemberontak. Namun, Moskow membantah. Mereka mengklaim setiap warga Rusia yang bertempur di area itu merupakan sukarelawan. Usai kekalahan besar pasukan Ukraina, Kiev dan kelompok pemberontak menandatangani gencatan senjata di Minsk, Belarus pada September 2015.

Kesepakatan itu berisi penarikan semua pasukan asing, pertukaran tahanan dan sandera, amnesti bagi pemberontak, dan janji wilayah separatis bisa memiliki tingkat pemerintahan sendiri.

Untuk meredam konflik yang terus bergejolak, Prancis dan Jerman menengahi agar kedua pihak kembali melakukan kesepakatan damai pada Februari 2015. Perjanjian ini ditandatangani Presiden Rusia, Ukraina, dan dua negara mediator itu.

Kesepakatan Minski menjadi kudeta diplomatik bagi Moskow yang mewajibkan Ukraina memberi status khusus kepada untuk wilayah kelompok separatis. Dengan demikian, mereka punya pasukan keamanan, jaksa dan hakim sendiri.

Meskipun perjanjian Minsk membantu mengakhiri pertempuran besar, tetapi situasi tetap tegang dan pertempuran biasa terus berlanjut. Kesepakatan Minsk yang terhenti dan harapan Moskow untuk memanfaatkan wilayah separatis untuk mempengaruhi politik Ukraina juga telah gagal.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Puluhan Orang Tewas Akibat Pager-Walkie Talkie Meledak di Lebanon

Sebanyak 20 orang meninggal dunia dan 450 lainnya luka-luka karena ledakan perangkat komunikasi atau pager-walkie talkie di Lebanon.

Yoshihiro Hidaka Ditikam Anaknya Sendiri

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Direktur utama Yamaha Motor Company, Yoshihiro...

Perundingan Peningkatan ATIGA Capai Kemajuan Signifikan

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Perundingan  peningkatan Persetujuan Perdagangan Barang ASEAN...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru