JAKARTA, HOLOPIS.COM Polda Metro Jaya menegaskan penurunan kemacetan di beberapa wilayah DKI Jakarta beberapa waktu belakangan terakhir imbas dari penerapan PPKM Level 3.

Direkur Lalu Lintas Polda Metro Jaya menyebutkan adanya tren penurunan mobilitas kendaraan di Jakarta selama penerapan PPKM level 3 berlangsung itu didapat dari sejumlah pemantauan.

“Beberapa hari ini kita melihat adanya penurunan volume lalu lintas dan hal ini terlihat ada dua. Pertama, dari Google Mobility. Indeks itu memang ada penurunan yang cukup tajam di tempat kerja, tempat rekreasi, kemudian di public transport dan sebagainya,” kata Sambodo, Sabtu (19/2).

Angka penurunan itu pun bisa dilihat dari berkurangnya mobilitas menuju Jakarta. Tren penurunan kendaraan masuk ke Jakarta dari kota penyangga, seperti Bekasi, Tangerang, dan Depok.

Selain itu, pembatasan mobilitas di tempat umum hingga kebijakan sekolah dari rumah pun turut berpengaruh dalam menurunnya mobilitas kendaraan di Ibu Kota.

“Ada penurunan di tempat-tempat belanja, mal-mal dengan ketetapan PPKM level 3 anak kecil tidak boleh masuk tentu juga ada penurunan jumlah pengunjung,” jelasnya.

Sambodo juga mengatakan sejumlah kebijakan baru dilakukan selama PPKM level 3 di Jakarta. Salah satunya adalah meniadakan ganjil genap di tempat wisata selama sepekan ke depan.

“Perkembangan terakhir sesuai SK Kadishub yang terbaru Nomor 80 Tahun 2022 tanggal 14 Februari 2022, maka untuk selama PPKM level 3 ini paling tidak sampai satu minggu ke depan itu ganjil genap di tempat wisata ditiadakan,” tutupnya.