Rabu, 26 Juni 2024
BerandaNewsEkobizNegara G20 Sepakati Atur Kripto Agar Tak Ganggu Pasar Keuangan Global

Negara G20 Sepakati Atur Kripto Agar Tak Ganggu Pasar Keuangan Global

JAKARTA, HOLOPIS.COM – Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo mengatakan negara-negara G20 sepakat perlu ada kerangka peraturan terhadap aset kripto.

Pasalnya, hal ini rentan mengganggu pasar keuangan dan ekonomi global.

“G20 sepakat perlu ada kerangka pengaturan terhadap aset kripto,” ucap Perry, (18/2).

Perry mengakui perkembangan perdagangan aset kripto semakin signifikan saat ini. Maka dari itu, perlu antisipasi agar keuangan global tetap stabil.

Penerbit Iklan Google Adsense

“Kalau tidak dipantau secara baik dikhawatirkan menimbulkan instabililtas pasar keuangan global dan perekonomian,” terang Perry.

Di Indonesia, kripto termasuk komoditas bursa berjangka, sehingga tak masalah selama digunakan sebagai investasi maupun komoditas yang diperjualbelikan oleh para pelaku pasar.

Uang kripto diatur oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) Kementerian Perdagangan lewat Peraturan Bappebti No 2 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Pasar Fisik Komoditi di Bursa Berjangka.

Selain itu, aturan kripto juga tercantum dalam Peraturan Bappebti Nomor 8 Tahun 2021 tentang Pedoman Penyelenggaraan Perdagangan Pasar Fisik Aset Kripto (Crypto Asset) di Bursa Berjangka.

Temukan kami juga di Google News
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono
BERITA LAINNYA

Mentan Yakin RI Bisa Jadi Lumbung Pangan Dunia

Menteri Pertanian (Mentan), Andi Amran Sulaiman mengaku optimis Indonesia dapat kembali mencapai swasembada pangan. Bahkan ia meyakini Indonesia dapat menjadi lumbung pangan dunia dalam waktu dekat.

Harga Emas Antam Turun Lagi, Cek Harganya Sekarang

Harga emas batangan bersertifikat keluaran PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) alias emas Antam terpantau mengalami penurunan cukup signifikan pada perdagangan hari ini, Rabu 26 Juni 2024.

Mentan Minta Pemda Serius Antisipasi Krisis Pangan Dunia

Menteri Pertanian (Mentan), Andi Amran Sulaiman meminta pemerintah daerah (pemda) yang ada di seluruh wilayah Indonesia untuk menaruh perhatian lebih ke sektor pertanian, guna mengantisipasi ancaman krisis pangan dunia.

IHSG Hari Ini Dibuka Menguat, Tembus Level 6.900

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dibuka dibuka menguat, yang mengantarkan indeks saham Indonesia itu ke zona hijau pada awal perdagangan hari ini, Rabu (26/6).

Harga Emas di Pegadaian Hari Ini : Antam Naik, UBS Turun

Harga emas batangan yang dijual di PT Pegadaian (Persero), yakni emas batangan jenis Antam mengalami kenaikan pada perdagangan hari ini, Rabu 26 Juni 2024.

Kemenkeu Pastikan Semua Visi Misi Prabowo-Gibran Masuk RAPBN 2025

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) memastikan semua visi misi presiden dan wakil presiden terpilih, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka masuk dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2025.

HOLOPIS FEEDS