Rabu, 26 Juni 2024
BerandaNewsRagamJadi Syarat Jual Beli Tanah, Ini Tanggapan BPJS Kesehatan

Jadi Syarat Jual Beli Tanah, Ini Tanggapan BPJS Kesehatan

JAKARTA, HOLOPIS.COM – Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional mengumumkan kartu BPJS Kesehatan akan menjadi syarat permohonan pelayanan pendaftaran peralihan hak atas tanah atau hak milik atas satuan rumah susun alias jual beli tanah.

Menanggapi kabar itu, Kepala Humas BPJS Kesehatan, M Iqbal Anas Ma’ruf mengatakan aturan yang dikeluarkan oleh Kementerian ATR/BPN merupakan turunan dari Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 1 Tahun 2022 tentang Optimalisasi Pelaksanaan Program Jaminan Kesehatan Nasional.

Inpres tersebut mengamanatkan kepada 30 Kementerian/Lembaga termasuk Gubernur, Bupati, Walikota untuk mengambil langkah-langkah strategis yang diperlukan sesuai tugas, fungsi, dan kewenangan masing-masing untuk melakukan optimalisasi pelaksanaan program JKN.

“Kementerian ATR/BPN bergerak cepat atas Inpres tersebut, jadi perlu diapresiasi,” tutur Iqbal.

Penerbit Iklan Google Adsense

Iqbal berpendapat, ketentuan yang mewajibkan syarat BPJS Kesehatan untuk jual beli tanah dan rumah tidak bermaksud untuk mempersulit masyarakat. Sebab, jika dilihat secara keseluruhan, seluruh masyarakat Indonesia wajib memiliki Jaminan Kesehatan.

Ini sebagaimana tertuang dalam Undang-Undang (UU) Nomor 40 Tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN) sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja dan Perpres Nomor 82 Tahun 2018 tentang Jaminan Kesehatan.

Lebih jauh Iqbal menilai, langkah Kementerian ATR/BPN yang mensyaratkan kartu peserta BPJS Kesehatan sebagai salah satu syarat jual beli tanah sudahlah tepat.

“Kalau kita lihat dari sisi positif, tentu ini baik, karena dapat menguatkan Program Jaminan Kesehatan Nasional,” imbuhnya.

Lebih jauh Iqbal mengatakan, aturan yang dikeluarkan oleh Kementerian ATR/BPN ini dapat meningkatkan jumlah kepesertaan, khususnya kalangan menengah ke atas yang belum terdaftar BPJS Kesehatan.

“Yang sering terjadi, seolah-olah program BPJS Kesehatan ini hanya untuk orang miskin. Padahal kalau miskin, yang bayar itu negara. Ini adalah program bersama, tidak peduli dia kaya atau miskin. Karena kesetaraan yang menjadi poin penting dalam program ini. Jangan sampai, orang miskin tidak mampu mengakses layanan karena tidak adanya gotong royong bersama warga negara,” urai Iqbal.

Oleh karena itu, Iqbal berharap, aturan ini tetap dijalankan karena merupakan bagian dari kewajiban negara dalam melindungi warganya. Sehingga, dengan dilaksanakannya aturan ini tentu akan sangat membantu dalam bergotongroyong membangun jaminan kesehatan yang paripurna di Indonesia

Temukan kami juga di Google News
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono
BERITA LAINNYA

Hacker Ini Malah Diintimidasi Cyber Crime Polri Saat Laporkan Peretasan

Konsultan Kemanan Siber, Teguh Aprianto bercerita tentang pengalamannya saat terintimidasi oleh Polri. Uniknya, momen itu justru terjadi saat Teguh memberi peringatan kepada Polri yang bertujuan untuk menyelamatkan data mereka.

Tingkatkan Mutu SDM, Badiklat Kemhan Gelar Studi Lapangan di Sumedang

Pusdiklat Jemenhan Badiklat Kementerian Pertahanan (Kemhan) menggelar kegiatan Studi Lapangan ke Pemerintah Kabupaten Sumedang, Jawa Barat.

Maskara Cepat Kering? Ikuti Tips Ini Agar Bisa Lebih Tahan Lama

Penggunaan maskara yang baik, bisa membuat riasan mata tambah cantik dan menawan. Namun, riasan justru akan menganggu kenyamanan jika maskara yang digunakan malah sudah mengering.

Awas! Ini Bahaya Terlalu Sering Minum Minuman Manis

Siapa sih yang tidak suka minum-minuman manis? Minuman yang memanjakan lidah ini memang rasanya nikmat, segar, dan bikin ketagihan.

Heboh Peramal India Prediksi Kiamat Bakal Terjadi Empat Hari Lagi

Media sosial sedang dihebohkan dengan kabar seorang pria dari India bernama Kushal Kumar yang meramalkan bahwa akan terjadi kiamat di tanggal 29 Juni mendatang.

Lagi Tren ‘Cek Khodam’, Apaan Sih?

Setiap orang harus mempertimbangkan keyakinan pribadi dan dampak spiritual dan keagamaan sebelum terlibat dalam praktik terkait khodam.

HOLOPIS FEEDS