SAMARINDA, HOLOPIS.COM Banjir dengan ketinggian hampir mencapai 100 sentimeter merendam ratusan pemukiman warga yang ada di Banjarmasin, Kalimantan Timur.

Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari mengatakan, setidanya ada dua kelurahan di Kecamatan Palaran, Kota Samarinda yang terdampak banjir sejak Selasa (15/2).

“Saat ini inggi muka air di wilayah Rawa Makmur menunjukkan penurunan. Saat banjir terjadi ketinggian muka air berkisar 30 – 100 cm,” kata Abdul, Kamis (17/2).

Banjir Di Samarinda
Kondisi Pasca Banjir Merendam Ratusan Rumah Warga Di Samarinda, Kalimantan Timur. Gambar: Ist.

Meskipun begitu, kondisi cuaca yang masih berawan diharapkan dapat mempercepat penyusutan genangan banjir. Dua wilayah terdampak banjir yaitu Kelurahan Rawa Makmur dan Bukuan.

“Sebanyak 290 KK di dua kelurahan terdampak peristiwa tersebut. Namun, warga tidak ada yang mengungsi dan tetap bertahan di rumah mereka,” tukasnya.

Meskipun demikian, ditambahkan Abdul, warga tetap waspada terhadap potensi banjir susulan dan personel BPBD tetap bersiaga untuk mengantisipasi dampak yang lebih buruk.

Kerugian material teridentifikasi akibat banjir tersebut berimbas pada perumahan warga 295 sebanyak unit, fasilitas pendidikan 6 unit, tempat ibadah 2 unit dan puskesmas 1 unit.