JAKARTA, HOLOPIS.COM Perang bisnis smartphone, mulai digaungkan oleh bos Xiaomi, Lei Jun. Genderang perang itu, ditujukan untuk Apple.

Dilansir dari Gizchina, Selasa (15/2), Lei Jun mengutarakan bahwa Xiaomi akan fokus di pasar smartphone global khususnya dalam segmen high-end.

“Kami sepenuhnya bertujuan untuk menjadi benchmark terhadap Apple dalam produk dan pengalaman. Kami ingin menjadi merek high-end terbesar di Tiongkok dalam tiga tahun ke depan,” ujar Lei Jun.

Lei juga mengatakan, kompetisi di kelas high-end dengan Apple ebagai “perang hidup dan mati” yang harus diatasi oleh Xiaomi.

Tujuannya adalah menyaingi Apple secara langsung sekaligus mencoba mengisi kekosongan yang ditinggalkan oleh bisnis smartphone Huawei.

Lei Jun mengatakan, tujuan utama Xiaomi adalah menjadi vendor smartphone terbesar di dunia. Ia yakin, bisa mencapai target tersebut dalam waktu tiga tahun.

Itu artinya, pada 2025, Xiaomi ingin melampaui Samsung dan Apple dalam dominasi pasar ponsel dunia.

Menurut laporan 9to5Mac, Xiaomi ingin menarik lebih banyak pelanggan dengan membedakan dirinya dari vendor smartphone Android Tiongkok lainnya. Xiaomi mau fokus pada pengalaman pengguna.

Xiaomi dikabarkan akan membuka sekitar 20.000 toko ritel baru di Tiongkok dalam tiga tahun ke depan. Xiaomi juga akan menginvestasikan USD 16 miliar untuk RnD dalam lima tahun ke depan.