JAKARTA, HOLOPIS.COM – Kalium adalah mineral yang dibutuhkan oleh tubuh terutama untuk menjaga kesehatan jantung, ginjal, saraf, kontraksi otot, dan mengatur keseimbangan cairan.

Oleh karena itu, konsumsi makanan yang mengandung kalium sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga kesehatan.

Apabila kalium terpenuhi, maka tubuh bisa lebih sehat dan terhindar dari berbagai gangguan kesehatan. Berikut beberapa manfaat kalium untuk kesehatan tubuh.

1. Memelihara kesehatan jantung dan pembuluh darah

Kalium dapat mencegah penyakit jantung dan stroke. Selain itu, mineral ini juga mencegah asterosklerosis atau penyempitan pembulih darah arteri.

Tak hanya itu, kalium juga berguna untuk memelihara kesehatan saraf dan kekuatan otot. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa kalium berkhasiat untuk mengurangi risiko gangguan irama jantung atau aritmia.

2. Mengurangi risiko batu ginjal

Kalium berperan penting untuk mengikat kalsium dalam urin. Sehingga bisa membantu mencegah terjadinya endapan kalisum yang memicu terbentuknya batu ginjal.

Sejumlah penelitian menyebutkan bahwa orang yang asupan kaliumnya tercukupi memiliki risiko lebih rendah terkena batu ginjal, dibandingkan mereka yang kekurangan kalium.

3. Mencegah risiko kram otot

Kram pada otot merupakan kondisi saat otot berkontraksi secara mendadak dan tidak dapat dikendalikan. Hal tersebut dapat terjadi karena tubuh tidak mengonsumsi kalium dengan cukup.

Mineral ini bisa membantu mengirimkan sinyal dari otak untuk merangsang kontraksi di otot dan membantu menyelesaikan kontraksi tersebut. Apabila kalium dalam tubuh rendah, maka otot tidak dapat memberikan sinyal secara akurat. Akibatkan otot terus mengalami kontraksi dan menyebabkan kram.

4. Menurunkan hipertensi

Manfaat mineral kalium yang pertama yaitu bisa menurunkan darah tinggi. Mineral ini bisa meredakan dinding pembuluh darah. Makanan yang mengandung kalium juga bisa menurunkan kadar garam dalam tubuh dengan mengeluarkannya melalui urin.

5. Menjaga fungsi sistem saraf

Manfaat potasium lainnya yaitu bisa membantu memelihara sistem saraf. Beberapa penelitian membuktikan bahwa kekurangan kalium bisa menyebabkan gangguan saraf dan otak seperti sering kesemutan, mudah lupa, dan lemah otot.

Makanan Yang Mengandung Kalium

Mengetahui banyaknya manfaat dari kalium, sudah seharusnya kita mulai untuk memenuhi kebutuhan kalium harian. Berikut beberapa makanan yang mengandung kalium.

1. Pisang

Pisang merupakan buah yang sangat populer dan mudah untuk dijumpai. Buah ini ternyata menjadi sumber kalium yang bisa dikonsumsi setiap harian. Dalam 100 gram pisang diketahui ada sekiar 392 kalium.

Tak hanya itu, pisang juga mengandung vitamin dan mineral lain, seperti mangan, vitamin C, vitamin B6, magensium. Kandungan serat dan antioksidan dalam buah ini juga cukup tinggi.

2. Alpukat

Manfaat alpukat memang sangat banyak, salah satunya sebagai pemenuh kebutuhan kalium harian. Buah ini diketahui mengandung serat, vitamin C, vitamin K, antioksidan, asam folat, dan lemak tak jenuh yang baik untuk kesehatan.

Dalam 100 gram alpukat, diketahui mengandung kalium kurang lebih 278 mg. Sehingga mengkonsumsi buah ini dapat membantu mencukupi kebutuhan kalium harian.

3. Jeruk

Buah-buahan lain yang mengandung kalium cukup tinggi yaitu jeruk. Sebanyak 100 gram jeruk manis segar diketahui ada 472,1 mg kalium. Jeruk juga mengandung nutrisi lain seperti vitamin A, asam folat, vitamin B1, dan antioksidan yang tinggi.

Menurut penjelasan di Journal of Medicinal Food, jeruk mengandung kalsium dan vitamin D yang dapat meningkatkan kepadatan tulang.

4. Bit

Jumlah kalium yang terdapat dalam 100 gram buah bit yaitu sekitar 404,9 mg. Tak hanya kalium, buah bit juga mengandung mangan, asam folat, dan antioksidan.

Kandungan kalium dan nitrat dalam bit dipercaya bermanfaat untuk melancarkan pembuluh darah, mengurangi darah tinggi, dan meminimalisir risiko penyakit jantung.

5. Yogurt

Yogurt merupakan olahan susu yang mengandung kalium cukup tinggi. Sebanyak 100 gram yogurt diketahui mengandung 299 mg kalium. Yogurt juga mengandung kaslium dan vitamin B2 yang baik untuk kesehatan.