JAKARTA, HOLOPIS.COMPresiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal menyatakan, bahwa pada hari Rabu (16/2) besok, ribuan massa buruh akan menggelar aksi unjuk rasa di depan kantor Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) dan kantor pusat BPJS Ketenagakerjaan.

Tuntutan buruh ada dua, yaitu mendesak agar Menteri Tenaga Kerja Ida Fauziyah mencabut Peraturan Menteri Ketenagakerjaan Nomor 2 Tahun 2022 tentang Tata Cara dan Persyaratan Pembayaran Manfaat Jaminan Hari Tua (JHT). Kemudian, buruh juga mendesak agar Presiden Joko Widodo mencopot Ida Fauziyah dari jabatannya saat ini.

“Aksi akan digelar besok hari Rabu tanggal 16 Februari 2022 mulai dari jam 10.00 WIB hingga selesai,” kata Said dalam konferensi pers virtual, Selasa (15/2).

Tak hanya berpusat di Jakarta, Said menjelaskan Partai Buruh bersama seluruh serikat buruh yang ada di seluruh Indonesia akan menggelar aksi unjuk rasa. Mereka akan melakukan demo di depan kantor-kantor pemerintah dan kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan.

“Secara bersamaan di seluruh wilayah Indonesia aksi ini juga digelar, yaitu di Kantor Dinas Ketenagakerjaan setempat baik kabupaten/kota maupun provinsi masing-masing dan juga kantor-kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan di seluruh wilayah Indonesia,” terangnya.

Iqbal menyatakan bahwa pihaknya sangat menyadari tentang ancaman penularan Omicron. Oleh karena itu, ia memastikan bahwa aksi demo akan mengikuti prosedur protokol kesehatan (prokes).

Pihaknya juga akan mengikuti anjuran petugas keamanan maupun Satgas COVID-19. Oleh karena itu pihaknya akan membatasi jumlah massa yang akan melakukan demo.

“Aksi akan diikuti ribuan (buruh) karena puluhan ribu tidak memungkinkan dengan situasi protokol kesehatan yang akan kami terapkan secara ketat,” sebut Said.

Lanjut Said, alasan pihaknya meminta Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengganti Menaker lantaran kebijakannya dianggap tidak berpihak kepada buruh, salah satunya Permenaker 2 Tahun 2022.

“Sekarang tiba-tiba keluar Peraturan Menteri Ketenagakerjaan Nomor 2 Tahun 2022, tidak ada hujan, tidak ada angin,” tambahnya.