Upaya Untuk Melawan Kanker Anak

Melawan kanker bukan hanya sekedar untuk memperpanjang umur, tapi juga untuk menyembuhkan. Namun, tidak bisa dipungkiri bahwa pelayanan kesehatan untuk penderita kanker pada anak masih belum merata.

Di negara maju, layanan kesehatan dapat diakses lebih mudah dan lebih dari 80% anak-anak yang menderita kanker dapat sembuh total. Sementara itu, di negara berkembang tidak lebih dari 30% anak-anak penderita kanker dinyatakan sembuh.

Melalui Hari Kanker Anak Sedunia, WHO terus berupaya untuk mengakhiri penderitaan anak-anak yang mengidap kanker di dunia.

WHO juga berharap, setidaknya anak-anak yang mengidap kanker bisa mencapai 60% kesembuhannya di tahun 2030 mendatang.

Kementerian Kesehatan Indonesia telah menyampaikan bahwa penemuan dini pada kasus kanker anak merupakan kunci keberhasilan untuk pengendalian kanker anak.

Oleh karena itu, perlu adanya penyadaran dan perhatian yang lebih dalam kasus ini bagi orang tua maupun petugas kesehatan dengan sejalannya kampanye Hari Kanker Anak Sedunia.

Bagi kedua pihak diharapkan bisa dapat mengenali gejala kanker dan bisa mendiagnosis kanker pada stadium awal agar penanganan bisa lebih cepat sesuai dengan tingkat fasilitas kesehatan yang ada.

Pada tahun 2022, Hari Kanker Anak Sedunia membawakan tema ‘Kelangsungan Hidup yang Lebih Baik’. Diperlukan untuk berpartisipasi menguatkan hastag #throughyourhands, melalui hastag ini lah Sobat Holopis bisa turut mendukung dan menguatkan pihak yang tengah berjuang melawan kanker anak.