Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

BPOM Ungkap Vaksin BUMN Masih Tahap Persiapan Uji Klinik Fase 1

JAKARTA, HOLOPIS.COM Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) perkembangan terkini soal Vaksin Covid-19 BUMN dalam rapat dengar pendapat (RDP) bersama Komisi IX DPR hari ini.

Dalam paparannya, BUMN mengungkapkan bahwa vaksin hasil kerjasama antara PT Bio Farma (Persero) dengan Baylor College of Medicine, saat ini masih dalam tahap persiapan menuju uji klinik fase pertama.

“Saat ini sudah didampingi oleh BPOM dalam bentuk desk konsul uji nonklinik, dan untuk penyiapan protokol uji klinik fase 1,” kata Sekretaris Utama BPOM I Gusti Ngurah Bagus Kusuma Dewa, Senin (14/2).

Lebih lanjut, Gusti mengatakan bahwa pihaknya sejauh ini telah melakukan pendampingan berupa pembinaan dalam pemenuhan persyaratan Cara Pembuatan Obat yang Baik (CPOB) dengan standar internasional.

Dengan pendampingan yang dilakukan pihaknya, ia berharap agar pengembangan vaksin dalam negeri dapat terus berkelanjutan, sehingga kebutuhan vaksinasi masyarakat dapat terpenuhi.

“Sementara untuk penyiapan fasilitas produksi, telah dilakukan sertifikasi CPOB dan fasilitas terkait telah mendapatkan persetujuan produksi uji klinik 1 atau 2,” ungkap Gusti.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Waspada! Mpox di Afrika Sudah Tak Terkendali

HOLOPIS.COM - Angka kasus cacar monyet (monkey pox/Mpox) di...

Monkey Pox Ditularkan oleh Homo Seksual

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin membenarkan...

Menkes Bongkar Bobroknya Sistem Kesehatan di Indonesia

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Budi Gunadi...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
[adrotate banner="1"]

Berita Terbaru