BANTEN, HOLOPIS.COM Warga pesisir pantai Anyer dan Carita diminta untuk waspada, dikarenakan Status Gunung Anak Krakatau ( GAK) ada di posisi waspada Level II dengan ketinggian asap 1.500 meter.

“Kami minta warga pesisir pantai Anyer dan Carita tetap waspada, ” ujar Deni Mardiono, Kepala Pos Pemantau Gunung Anak Krakatau ( GAK) di Pasauran Anyer Banten, Minggu (6/2).

Imbauan untuk tetap waspada, juga diberikan untuk wisatawan, nelayan maupun pelaku pelayaran untuk tidak mendekati pusat kawah gunung karena cukup membahayakan keselamatan jiwa.

“Kami sudah menyampaikan imbauan kewaspadaan itu kepada pemerintah daerah,” katanya.

Saat ini, aktivitas kegempaan vulkanik yang memicu letusan erupsi GAK , karena siklus periode empat tahunan. Namun, letusan erupsi GAK tidak mengeluarkan lava pijar juga suara dentuman.

Masyarakat pesisir tetap tenang dan tidak terpancing informasi yang menyesatkan dan hoaks. “Kami minta warga pesisir pantai tetap tenang menyusul terjadi erupsi GAK, ” katanya.

Sebagai informasi, Aktivitas kegempaan GAK sepanjang Minggu (6/2) berdasarkan hasil rekaman seismograf dengan letusan tujuh kali.

Hembusan berkisar antara 25 sampai 50 meter juga amplitudo 0,5 – 42 mm, delapan kali vulkanik dangkal dan tujuh kali hembusan.