JAKARTA, HOLOPIS.COM – Presiden Amerika Serikat Joe Biden memerintahkan 3.000 pasukan militer untuk dikirim ke Polandia dan Rumania.

Dilansir dari Reuters, Senin (7/2), pasukan tersebut dikirim untuk memperkuat sekutu NATO saat kekuatan militer Rusia mulai meningkat.

Pentagon mengatakan sekitar 1.700 anggota layanan akan dikerahkan terutama dari Divisi Lintas Udara yang berasal dari Fort Bragg, California Utara ke Polandia.

Panglima Divisi Lintas Udara, Mayor Jenderal Angkatan Darat AS Christopher Donahue pun ikut dikerahkan dalam perkuatan sekutu NATO, dan Donahue kabarnya sudah mendarat pada Sabtu lalu bersama dengan peralatan militer dan kelompok khusus.

Website resmi Angkatan Udara AS menginformasikan bahwa belum jelas berapa pasukan yang akan tiba di Polandia, tetapi sebuah pesawat C17 diterbangkan untuk menerjunkan 102 pasukan terjun paying beserta peralatan mereka.

Mayor Jenderal Angkatan Darat AS Christopher Donahue mengatakan bahwa kontribusi timnya di Polandia hanya sekedar solidaritas dengan sekutu dan timnya aka nada selama periode yang tidak bisa ditentukan.

“Kontribusi nasional kami di Polandia menunjukkan solidaritas kami dengan semua sekutu kamu yang ada di Eropa, dan selama periode yang tidak pasti, kami akan selalu bersama-sama, karena tim kami akan lebih kuat saat bersatu,” ungkap Donahue.

Namun, hingga saat ini Rusia telah membantah rencana untuk menyerang Ukraina, tetapi Rusia telah mengerahkan lebih dari 100.000 tentara di perbatasan Ukraina dan akan mengambil tindakan militer jika tuntutannya tidak dipenuhi, termasuk janji NATO untuk tidak pernah mengakui Ukraina.