JAKARTA, HOLOPIS.COM Semua layanan Meta di Eropa bakalan dihapus, karena tidak setuju peraturan baru yang dikeluarkan regulator Eropa terkait pusat data yang bisa berimbas ke operasi, aplikasi, dan pusat data yang dimiliki Meta.

Jika itu dilakukan, maka Facebook, Instagram, WhatsApp, dan lainnya bakal dihapus dari Eropa.

“Jika kami dilarang berbagi data di antara produk dan layanan kami, itu dapat mempengaruhi kemampuan kami untuk menyediakan layanan,” jelas Meta, dilansir dari Tech Times, Senin (7/2).

Permasalahan ini, sebenarnya sudah ada sejak tahun 2020 lalu. Saat itu, pengadilan Eropa memutuskan kalau undang-undang Amerika Serikat yang disebut Privacy Shield tidak sesuai dengan Peraturan Data Pribadi (GDPR) milik Uni Eropa.

Dalam putusannya Uni Eropa mewajibkan perusahaan teknologi untuk mengolah data-data warga Eropa di dalam server yang berlokasi di daratan Eropa.

Dengan keluarnya putusan Pengadilan Eropa, maka aturan Privacy Shield yang diajukan tak berlaku dan bisa menutup akses Meta dalam berbagi data antara pengguna Eropa dan AS.

Namun, Meta masih tetap optimis bisa memperbaiki hubungan dengan Uni Eropa dan bisa mencapai kesepakatan baru sebelum akhir 2022. Jika kesepakatan baru masih juga tidak sesuai, maka dipastikan Meta bakal menarik Instagram dan Facebook dari Eropa.