JAKARTA, HOLOPIS.COM – Menkes RI Budi Gunadi mengatakan, lonjakan harian angka Covid-19 varian Omicron sudah melebihi laju gelombang Delta.

Diketahui, tiga provinsi yang masuk kategori tersebut, yaitu DKI Jakarta, Banten dan Bali.

“Jumlah kasusnya melebihi jumlah kasus gelombang Delta yang lalu, terutama DKI Jakarta jumlah kasusnya kemarin sudah mencapai 15.800 kasus. Padahal puncak tertingginya DKI sebelumnya 14.600 kasus. Kemudian Provinsi Banten yang jumlah kasusnya mencapai 4.800 kasus, padahal di gelombang Delta yang kemarin paling tinggi 3.900 kasus. Dan provinsi Bali yang jumlah kasusnya sempat menyentuh 2.000 kasus sedangkan tertinggi di gelombang Delta 1.900 kasus,” kata Budi, Senin (7/2).

Meski begitu, Budi menegaskan angka kasus Covid-19 sudah melebihi puncak Omicron masih memiliki ketersediaan ruang rawat di rumah sakit. Sebab, tingkat keterisian masih baru mencapai 50 persen.

“Ketiga provinsi yang jumlah kasus hariannya sudah melebihi dari puncak Delta tersebut angka yang dirawat di rumah sakit masih di sekitar 30 persen sampai 50 persen,” rinci Budi.

Merujuk data Kemenkes tersebut, Budi meminta masyarakat untuk tidak panik karena ketersediaan rumah sakit masih terkendali.

“Jadi yang ingin saya sampaikan di sini adalah tidak usah panik kalau melihat jumlah kasusnya naik tinggi, karena memang yang lebih penting yaitu yang masuk rumah sakit dan wafat itu jauh lebih rendah dan masih bisa terkendali,” tandas Budi.