Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Ingatkan Kemenkes, Juru Wabah : Jangan Terjebak Ngurusin Penyakit

JAKARTA, HOLOPIS.COMPakar epidemiologi dari Universitas Indonesia (UI) dr Pandu Riono mengingatkan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) agar tak hanya berfokus pada satu penyakit saja.

Influencer kesehatan yang kerap disapa Juru Wabah tersebut berpendapat, bahwa Kemenkes sebagai instansi kementerian di bidang kesehatan, seharusnya menempuh langkah sesuai fungsinya, yakni mewujudkan kehidupan rakyat Indonesia yang sehat.

“Seharusnya Kemenkes RI berfungsi mewujudkan kehidupan rakyat Indonesia yang sehat, a healthy life,” ungkap Pandu dalam cuitannya, Minggu (6/2).

Ia pun mengingatkan kementerian yang dipimpin Menteri Budi Gunadi tersebut agar tak terperangkap dalam upaya penanganan Covid-19 saja. Masih banyak masalah kesehatan di Tanah Air yang juga perlu mendapat perhatian.

Menurutnya, penanganan Covid-19 di Indonesia telah menelan biaya yang sangat besar. Ditambah fungsi organ tubuh yang rusak akibat Covid-19 sulit untuk kembali normal.

“Jangan terjebak ngurusin penyakit, biaya mahal dan sulit kembali normal organ tubuh yang sudah rusak,” tukasnya.

Dalam menangani penyakit Covid-19, Pandu menyarankan agar Kemenkes berfokus pada upaya-upaya pencegahan dan deteksi dini, serta penguatan regulasi dalam mencegah penularan Covid-19.

“Fokus pada upaya promosi, pencegahan, diagnosis dini. Perkuat regulasi yang mendukung,” pungkasnya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Cerita Nur Fatia, Difabel Bergelar Sarjana yang Berhasil Masuk Polisi

Sekolah Polisi Wanita atau Sepolwan Lemdiklat Polri sangat bangga memiliki siswi bernama Nur Fatia Azzahra yang bergelar sarjana psikologi, dengan nilai IPK 3,56.

RESEP : Telur Ceplok Setengah Matang, Nikmat dan Menyehatkan

Meskipun terkesan sederhana, namun telur celpok setengah matang memiliki banyak manfaat baik untuk tubuh. S

Pasca Diresmikan Jokowi, PT JSN Lakukan Pengalihan Transaksi Gerbang Tol Colomadu

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Sehubungan dengan telah diresmikannya Jalan Tol Joga-Solo...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru