Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Febri Diansyah soal Hak Imunitas: Agar Berani Bicara Benar, Bukan Asal Bicara!

JAKARTA, HOLOPIS.COMMantan Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Febri Diansyah angkat bicara terkait polemik hak imunitas anggota DPR yang tak dapat dipidanakan.

Hal itu diungkapkan Febri setelah dihentikannya proses hukum kasus Anggota DPR Arteria Dahlan terkait bahasa Sunda, lantaran yang bersangkutan memiliki hak imunitas sebagai wakil rakyat.

Mantan peneliti hukum Indonesia Corruption Watch (ICW) tersebut mengatakan, bahwa hak imunitas aggota DPR dibuat agar para anggota dewan mendapat perlindungan hukum saat berbicara membela rakyat yang diwakilinya.

“Hak Imunitas anggota DPR itu dibuat agar anggota DPR berani bicara dan dilindungi hukum saat jalankan tugas & membela Rakyat yang diwakilinya,” ujar Febri dalam cuitannya, Minggu (6/2).

Ia pun mengingatkan, tujuan utama hak imunitas tersebut dibuat yakni agar anggota DPR berani bicara yang benar dalam membela rakyat, bukan untuk asal bicara.

“Ingat, agar berani bicara benar. Bukan asal bicara!,” tegasnya.

Diketahui sebelumnya, Anggota DPR Arteria Dahlan harus berurusan dengan aparat kepolisian karena pernyataan kontroversial, yang meminta seorang Kajati dicopot dari jabatannya karena menggunakan bahasa Sunda dalam sebuah rapat kerja.

Saat dalam penyelidikan polisi, proses hukum atas kasus Arteria Dahlan tidak dapat dilanjutkan, lantaran yang bersangkutan menyampaikan pendapatnya di dalam forum rapat resmi, sehingga memiliki hak imunitas sebagai anggota parlemen.

“Saudara Arteria Dahlan sebagai anggota DPR, yang bersangkutan memiliki hak imunitas sehingga tidak dapat dipidanakan pada saat yang bersangkutan mengungkapkan pendapatnya saat atau dalam forum rapat resmi yang dilakukan seperti yang terjadi dalam laporan ini,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Endra Zulpan, Jumat (4/2) lalu.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Ferry Koto Puji Gielbran Masuk PKB, Sindir Anies Baswedan

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Influencer Ferry Koto memberikan reaksi positif...

SBY Main ke Rumah Prabowo, Diajak Ngopi Sambil Diskusi

Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) berkunjung ke kediaman presiden terpilih Prabowo Subianto di Jl Kertanegara No. 4 Jakarta Selatan, Kamis (19/9).

Indra Septiarman Sudah Ngaku Bunuh Nia

HOLOPPIS.COM, JAKARTA - Kapolres Padang Pariaman, AKBP Ahmad Faisol...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru