JAKARTA, HOLOPIS.COM – Menteri Koordinator Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengingatkan para lansia yang berumur 60 tahun ke atas jangan berpergian atau keluar rumah selama satu bulan ke depan.

Himbauan itu menyusul makin meningkatnya kasus Covid -19 varian Omciron yang sudah menembus angka 30 ribu kasus per hari nya.

“Saya usul dua minggu sampai sebulan ke depan untuk orang-orang yang saya sebut tadi kriteria 60 tahun ke atas, eloknya tinggal di rumah dulu sementara,” kata Luhut, Sabtu (5/2).

Sesuai dengan prediksi yang telah disampaikan sebelumnya, Koordinator PPKM untuk Pulau Jawa dan Bali ini mengingatkan potensi lonjakan kasus di pertengahan Februari.

“Sekarang peningkatan Covid-19 ini sudah cukup tinggi. Omicron ini akan naik. Kemarin 32.000, mungkin hari ini bisa 40.000,” ungkapnya.

Luhut juga menjelaskan, imbauan larangan usia 60 tahun ke atas untuk keluyuran tersebut diutamakan kepada mereka yang belum divaksin dua kali, serta memiliki penyakit penyerta (komorbid) untuk tidak keluar rumah terlebih dahulu.

Hal ini karena pemerintah menemukan warga yang meninggal akibat Covid-19 varian Omicron umumnya merupakan orang-orang dengan kriteria lansia. Bahkan, dia meminta Omicron tidak boleh dipandang enteng karena virus tersebut dapat merusak tubuh manusia.

“Karena data yang saya katakan tadi sebagian besar yang meninggal itu adalah orang-orang yang sudah sepuh, ada komorbid, dan belum vaksin,” pungkasnya.