Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

PB IDI Dapat Laporan Banyak Nakes Terpapar Covid-19

JAKARTA, HOLOPIS.COM – Kasus penularan Covid-19 di Indonesia kian meningkat. Ditambah, Varian baru Omicron mendominasi kasus terbanyak.

Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) mendapat laporan banyak tenaga kesehatan yang terpapar Covid-19.

“Jadi kondisi yang mulai sudah banyak terpapar itu ada di Jawa dan kemudian sebagian di Sumatera,” ungkap Ketua PB IDI terpilih Adib Khumaidi, Jumat (4/2).

“Beberapa dokter sudah terpapar, tapi alhamdulillah kondisinya masih dengan gejala OTG dan gejala ringan. Belum sampai ada yang gejala sedang berat sebagian besar,” ujar dia.

Menurut Adib, PB IDI telah meminta data tenaga kesehatan terjangkit Covid-19 kepada IDI Cabang dan Wilayah. Namun, hingga saat ini PB IDI belum mendapatkan data secara lengkap.

“Jadi nominalnya berapa jumlah nakes yang terpapar atau dokter yang terpapar memang kita belum dapatkan, tapi memang sudah ada,” ucap dia.

Adib menjelaskan, sebagian tenaga kesehatan terpapar Covid-19 dari pasien. Namun, sebagian lain terjangkit saat beraktivitas di luar tempat praktik.

Dia mengimbau tenaga kesehatan tetap menjalankan Standar Operasional Prosedur (SOP) dalam menjalankan tugas. Misalnya, tetap menggunakan masker N95 dan memakai alat pelindung diri (APD) sesuai pedoman yang berlaku saat melakukan tugas profesional.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Jagal di Gunungkidul Diminta Tak Sembelih Hewan Ruminansia dan Cegah Penyakit Ternak Zoonasis

Kepolisian Daerah (Polda) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) bersama Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) dan Dinas Kesehatan (Dinkes) Gunungkidul melakukan sosialisasi dan edukasi larangan penyembelihan hewan ruminansia dan bahaya penyakit binatang ternak zoonosis.

Waspada! Mpox di Afrika Sudah Tak Terkendali

HOLOPIS.COM - Angka kasus cacar monyet (monkey pox/Mpox) di...

Monkey Pox Ditularkan oleh Homo Seksual

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin membenarkan...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru