JAKARTA, HOLOPIS.COMPakar epidemiologi dari Universitas Indonesia (UI), dr Pandu Riono menyarankan kepada masyarakat agar tidak terlalu panik berlebihan dengan penyebaran virus Covid-19 varian Omicron saat ini. Apalagi jika terpapar namun hanya mengalami gejala ringan.

Menurutnya, meminta dirawat di Rumah Sakit bukan pilihan terbaik untuk saat ini, apalagi bagi mereka yang tidak bergejala atau hanya bergejala ringan. Akan tetapi opsi untuk melakukan isolasi mandiri (isoman) atau isolasi terpadu (isoter) di rumah masing-masing sangat disarankan.

“Jika Anda positif namun tidak bergejala atau bergejala ringan, lakukan isoman atau isoter, jangan terburu-buru masuk rumah sakit,” kata Pandu dikutip dari Twitternya @drpriono1, Jumat (4/2).

Setelah memilih opsi untuk isolasi di rumah, langkah selanjutnya adalah memilih telemedisin untuk keperluan supply obat-obatan dan vitamin penunjang penyembuhan gejala Covid-19.

Atau bisa saja berkoordinasi dengan pihak layanan kesehatan terdekat sepertu pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas). Sehingga kondisi kesehatan penderita Covid-19 bisa dimonitor secara berkala.

“Manfaatkan layanan telemedisin jika tersedia atau lapor ke Puskesmas terdekat,” tuturnya.

Diterangkan Pandu, bahwa isolasi mandiri bagi penderita Covid-19 non gejala atau bergejala ringan akan memberikan kesempatan bagi mereka yang mengalami gejala parah untuk mendapatkan akses kesehatan lebih intensif.

Terlebih lagi, bisa juga membantu rumah sakit agar tidak over capacity sehingga menipiskan bed occupancy rate (BOR), sekaligus meringankan beban kerja para tenaga kesehatan yang ada.

“Dengan isolasi mandiri, kita mengurangi beban rumah sakit dan tenaga kesehatan. Kita juga menyelamatkan orang lain dengan gejala lebih berat hingga kritis,” tutur Pandu.