JAKARTA, HOLOPIS.COM – Jumlah kematian akibat Covid-19 di India telah melewati 500,000, namun menurut para ahli kesehatan jumlah tersebut dipastikan dibawah angka sebenarnya.

“Studi kami yang diterbitkan dalam jurnal Science memperkirakan ada 3 juta kematian akibat Covid-19 di India, hingga pertengahan 2021 menggunakan tiga basis data berbeda,” demikian pernyataan Chinmay Tumbe, asisten profesor di Institut Manajemen India.

Sebagai negara peringkat ke-4 kematian terbanyak secara global, India mencatat 400,000 kematian pada Juli 2021 setelah gelombang parah karena varian Delta.

Melansir Skynews, Jum’at (4/2), saat ini India tengah melewati gelombang ketiga Covid-19 akibat varian Omicron.

Menurut angka resmi, kasus infeksi Covid-19 India secara keseluruhan telah mencapai 41.95 juta, kedua tertinggi di dunia setelah Amerika Serikat.

Untuk menghindari gelombang berikutnya, pemerintah India telah memvaksinasi seperempat populasinya dengan dua dosis vaksin.

Para pejabat India juga terus berusaha mendistribusikan vaksin dan mendatangi wilayah-wilayah terpencil hingga mendatangi rumah warga dari pintu ke pintu.