JAKARTA, HOLOPIS.COM Olimpiade Beijing yang resmi dimulai pada hari ini, Jum’at (3/1) akan dapat disaksikan melalui streaming.

Presiden China Xi Jinping mengatakan bahwa olimpiade akan berjalan denga aman dan meriah.

“Dari ‘Satu Dunia-Satu Mimpi’ pada 2008 hingga ‘Bersama untuk Masa Depan’ pada 2022, China telah mengambil bagian aktif dalam gerakan Olimpiade dan secara konsisten memperjuangkan semangat Olimpiade,” katanya Xi Jinping dilansir dari CNA (3/1).

Xi Jinping mengatakan saat ini mata dunia tertuju pada China, dan negaranya siap untuk memberikan yang terbaik dalam Olimpiade Beijing 2022.

Astronot China Jing Haipeng memegang obor Olimpiade (Foto: AFP/Leo RAMIREZ)
Astronot China Jing Haipeng memegang obor Olimpiade (Foto: AFP/Leo RAMIREZ)

Ibu kota China akan menjadi kota pertama yang menjadi tuan rumah untuk edisi musim panas sekaligus musim dingin Olimpiade, namun persiapannya sedang diterpa guncangan akibat beberapa boikot dan juga pandemi Covid-19.

Beberapa negara seperti Amerika Serikat, Inggris, dan negara sekutu lainnya telah melakukan boikot diplomatik terhadap olimpiade karena isu hak asasi manusia di China.

Olimpiade
Olimpiade Bejing 2022 (Doc: BBC)

Meski diterpa boikot, Presiden Komite Olimpiade Internasional (IOC) Thomas Bach tetap membela keputusan organisasinya dalam memilih China sebagai tuan rumah Olimpiade 2022, dengan alasan bahwa IOC bukanlah organisasi politik.

Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022 akan berlangsung mulai 4 Februari hingga 20 Februari mendatang.