Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Edisi Imlek, 25 Narapidana Tionghoa Terima Remisi Khusus

JAKARTA, HOLOPIS.COM Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) memberikan Remisi Khusus Imlek bagi 25 narapidana beragama Khonghucu (Tionghoa) yang tersebar di seluruh Indonesia.

Direktur Jenderal Pemasyarakatan (Dirjenpas) Kemenkumham, Reynhard Silitonga menuturkan bahwa usulan pemberian remisi ini berasal dari berbagai wilayah di Indonesia.

Adapun pemberian remisi khusus edisi imlek ini dilakukan secara online melalui Sistem Database Pemasyarakatan (SDP).

“Dengan adanya remisi online melalui SDP, prosesnya menjadi lebih cepat, murah, akurat, dan transparan. Hak narapidana terjamin, akuntabilitas dan integritas petugas terjaga,” ujar Reynhard melalui keterangan tertulis, Selasa (1/2).

Reynhard mengatakan bahwa dari 69 narapidana Tionghoa yang tersebar di seluruh Indonesia, hanya 25 narapidana yang menerima remisi khusus Imlek.

Lebih lanjut, Reynhard menjelaskan bahwa seluruh narapidana yang mendapatkan remisi khusus Imlek mendapatkan pengurangan masa hukuman.

Adapun rincian adalah sebagai berikut;

-3 orang mendapat pengurangan hukuman 15 hari
–13 orang mendapat pengurangan hukuman 1 bulan
-7 orang mendapat pengurangan hukuman 1 bulan 15 hari
–2 orang mendapat pengurangan hukuman 2 bulan.

Reynhard menyampaikan, bahwa pemberian remisi merupakan bentuk apresiasi negara terhadap narapidana yang telah berusaha dan menunjukkan perubahan perilaku ke arah yang lebih baik.

Menurutnya, remisi itu bukan sekadar pengurangan masa pidana, melainkan diharapkan meningkatkan keimanan dan motivasi narapidana agar menjadi manusia yang lebih baik lagi.

“Selamat kepada seluruh narapidana yang merayakan Imlek dan mendapat RK Imlek Tahun 2022. Bagi yang belum mendapat remisi agar bersabar dan terus perbaiki diri agar pada kesempatan berikutnya mendapat hal yang sama,” tutur Reynhard.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Susi Pudjiastuti Bersyukur Pilot Philip Mehrtens Bebas dari Jerat Teroris Papua

Susi Pudjiastuti merespon kabar bebasnya Kapten Pilot Susi Air, Philip Mark Mehrtens dari jeratan teroris Papua atau OPM kelompok Egianus Kogoya di wilayah Nduga, Papua.

Susi Bersyukur Philips Berhasil Bebas, Ucap Terima Kasih ke Jokowi-Prabowo dan TNI Polri

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Bos Susi Air, Susi Pudjiastuti menyampaikan...

Pilot Susi Air Bebas dari Jerat Teroris Papua

Satgas Cartenz akhirnya berhasil membebaskan pilot Susi Air, Philip Mark Mehrtens yang disandera oleh teroris Papua atau OPM kelompok Egianus Kogoya.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru