Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

PDIP soal Kandidat Pilpres-Pilgub DKI : Banyak Stok, Megawati yang Bakal Tentukan

JAKARTA, HOLOPIS.COM – Pemilu Serentak akan dilaksanakan pada 2024 mendatang. Meski masih dua tahun lagi, banyak nama yang dikabarkan akan mengisi bursa pemilihan, terkhusus dalam Pilpres dan Pilgub DKI Jakarta.

Sekretaris Jenderal DPP PDIP, Hasto Kristiyanto, menyebutkan PDIP memiliki banyak stok kader yang mumpuni dan siap berkontestasi dalam Pemilu mendatang.

“Kami punya banyak kader yang sudah teruji, karena setiap keberhasilan kepala daerah itu menjadi materi dalam sekolah calon kepala daerah PDIP, sehingga keberhasilan kader PDIP itu dilakukan secara sistemik dan perubahannya terukur di dalam menyelesaikan masalah rakyat,” kata Hasto (9/1).

PDIP pun terus melakukan konsolidasi internal di tingkat daerah hingga pusat. Menurutnya, keputusan nama capres dan cawapres yang akan diusung PDIP diputuskan langsung oleh Ketum PDIP, Megawati Soekarnoputri.

“Kami terus membangun organisasi. Memperkuat agar mesin politik partai dari pusat sampai RT, dapat bekerja maksimal, sehingga Ibu Megawati akan memutuskan siapa calon presiden dan wakil presiden, kami siap,” sebutnya.

Salah satu kader PDIP yang digadang-gadang maju dalam Pilpres yakni Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. Terlebih, Ganjar memiliki elektabilitas tinggi dalam berbagai survei terakhir.

Hasto pun mengapresiasi kepercayaan rakyat kepada Ganjar. Namun, ia mengingatkan bahwa menjadi presiden tidak cukup hanya berdasarkan survei. Perlu kemampuan teknokratis dan semangat kepemimpinan tinggi bagi seorang capres.

“Diperlukan pemahaman terhadap kebudayaan, sehingga bukan elektoral semata,” ujar Hasto.

Begitu pula dengan Pilgub DKI Jakarta. Berbagai nama dari PDIP menguat untuk menjadi penerus Anies Baswedan pada tahun 2024 mendatang. Hasto pun menyebut beberapa nama seperti Mensos Tri Rismaharini, Wakil Ketua MPR Ahmad Basarah, Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi, Bupati Ngawi Budi Sulistyono, dan Bupati Gianyar I Made Agus Mayastra.

Terkhusus pada sosok Mensos, ia menilai bahwa pengalaman Risma bisa jadi contoh untuk membangun seluruh daerah di Indonesia, termasuk DKI Jakarta.

“Itu hal yang bagus karena dengan merawat kota menjadi bersih dan sehat, bukankah ini tanggung jawab kita sebagai warga bangsa. Apa yang sudah dilakukan Bu Risma menjadi bagian kurikulum dalam sekolah partai agar merawat lingkungan, menanam pohon, membangun taman kota, membersihkan sungai, merupakan bagian politik sehari-hari yang harus dijalankan oleh setiap anggota partai,” ungkap dia.

Terkait peluang Wali Kota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka, untuk maju dalam Pilgub DKI Jakarta, Hasto mengatakan Gibran masih akan terus memimpin Solo dan perlu menunjukkan kinerja kepemimpinannya terlebih dahulu.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Masyarakat Sumbar Penuhi Karangan Bunga Ucapan di Polres Pariaman

HOLOPIS.COM, PADANG - Masyarakat Sumbar ramai-ramai memberikan karangan bunga...

Susi Pudjiastuti Bersyukur Pilot Philip Mehrtens Bebas dari Jerat Teroris Papua

Susi Pudjiastuti merespon kabar bebasnya Kapten Pilot Susi Air, Philip Mark Mehrtens dari jeratan teroris Papua atau OPM kelompok Egianus Kogoya di wilayah Nduga, Papua.

Susi Bersyukur Philips Berhasil Bebas, Ucap Terima Kasih ke Jokowi-Prabowo dan TNI Polri

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Bos Susi Air, Susi Pudjiastuti menyampaikan...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru