JAKARTA, HOLOPIS.COM – Tangal 10 Januari 2022 akan ditetalkan sebagai Hari Berkabung Nasional di Kazakhstan, demikian diumumkan dari Laman Facebook resmi oleh juru bicara presiden, Berik Uali.

Hari tersebut ditetapkan untuk memberi penghormatan kepada para korban akibat aksi protes yang terjadi di seluruh penjuru Kazakhstan.

“Karena banyaknya korban jiwa akibat peristiwa tragis di sejumlah wilayah negara, Presiden Kazakhstan Kassym-Jomart Tokayev memutuskan untuk mendeklarasikan 10 Januari 2022 sebagai hari berkabung nasional,” demikian dikatakan Berik Uali.

Aksi protes Kazakhstan
Aksi protes Kazakhstan (Foto: AP)

Seperti diberitakan sebelumnya, terjadi aksi unjuk rasa besar-besaran di Kazakhstan akibat kenaikan harga BBM sampai berlipat ganda.

Selain itu, kemarahan masyarakat juga dipicu dari ketidakpuasan mereka terhadap pemerintahan yang dianggap otoriters, korupsi, hingga kesenjangan sosial dan ekonomi.

Akibatnya, Presiden Tokayev memutuskan untuk mengumumkan status darurat di beberapa kota besar seperti Almaty, Mangystau, dan ibukota Nur-Sultan.