JAKARTA, HOLOPIS.COM – Minum susu sudah menjadi salah satu solusi bagi kalian yang sering melewatkan sarapan. Tak hanya rasanya yang nikmat, manfaat minum susu di pagi hari juga menyimpan banyak manfaat.

Memenuhi kebutuhan nutrisi pagi hari kalian itu sangat penting untuk dilakukan sebelum melakukan aktivitas. Asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, dapat Sobat Holopis penuhi dengan mengonsumsi makanan atau minuman yang sehat dan juga bernutrisi.

Bagi Sobat Holopis yang sering melewatkan sarapan, baik karena tak terbiasa sarapan atau karena terburu-buru untuk berangkat ke tempat aktivitas, minum susu lah yang bisa menjadi solusi untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh kalian.

Minum susu di pagi hari, tak hanya bermanfaat untuk orang dewasa, tetapi juga baik untuk anak-anak apabila diminum secara rutin untuk mendukung tumbuh kembangnya anak.

Lantas apa saja manfaat minum susu di pagi hari?

Manfaat Minum Susu di Pagi Hari

Tahukah Sobat Holopis, susu dikenal sebagai salah satu asupan nutrisi yang baik untuk tubuh loh. Selain mudah untuk dikonsumsi, susu juga memiliki manfaat yang banyak, terutama jika diminum pagi hari, karena saluran pencernaan akan lebih banyak mencerna nutrisi dipagi hari. Berikut ini ada beberapa manfaat jika Sobat Holopis mengonsumsi susu di pagi hari menurut dr. Kevin Adrian, antara lain:

• Memelihara Fungsi Kesehatan Otak

Ada beberapa penelitian menjelaskan bahwa mengonsumsi susu secara rutin di pagi hari maupun siang hari, sangat bermanfaat untuk memelihara fungsi otak.
Mengonsumsi susu di pagi hari bisa membuat Sobat Holopis mudah berkonsentrasi saat belajar, bekerja, dan juga beraktivitas, serta berisiko rendah untuk mengalami demensia, dan akan berdampak baik pada kualitas kerja.

  • Menghasilkan Energi

Telah diketahui banyak orang bahwa susu merupakan sumber energi yang baik untuk tubuh kita, berkat kandungan karbohidrat dan juga gula alami didalamnya.
Tak hanya itu, susu juga mengandung vitamin B, magnesium, dan asam lemak esensial yang sangat penting dalam proses pembentukan energi.

  • Menjaga Fungsi Berbagai Organ Tubuh

Kandungan lemah dan protein dalam susu mampu mencegah kerusakan sel dan jaringan tubuh, serta menjaga organ tubuh kalian tetap berfungsi dengan baik.
Sementara itu, beragam vitamin dan juga mineral yang terkandung pada susu juga memberikan banyak manfaat bagi tubuh kita, misalnya vitamin A yang dipercaya dapat memelihara kesehatan mata dan kulit, lalu vitamin B yang baik untuk memelihara kesehatan otak dan juga saraf serta memproduksi energi, dan kalsium yang mampu menguatkan tulang dan juga gigi.

  • Mencegah Anemia

Anemia terjadi saat tubuh kalian tak memiliki cukup sel darah merah untuk membawa oksigen ke organ-organ tubuh. Kondisi inilah yang bisa menyebabkan fungsi organ tubuh terganggu, sehingga tubuh terasa lemas.
Untuk memproduksi sel darah merah yang cukup, tubuh kita membutuhkan protein, zat besi dan juga vitamin B12. Kandungan inilah yang berguna untuk membentuk sel darah merah, dan kandungan tersebut bisa kalian temukan salah satunya pada susu.

  • Menjaga Daya Tahan Tubuh

Kandungan nutrisi seperti protein, vitamin A, vitamin B, vitamin D, zinc, dan magnesium berperan untuk memperkuat daya tahan tubuh agar kalian tak mudah sakit. Kandungan zinc dan juga vitamin A pada susu juga memiliki sifat antioksidan yang mampu menangkal efek radikal bebas.

Lalu apakah ada waktu lain yang baik untuk mengonsumsi susu selain pagi hari?

Waktu yang Tepat untuk Minum Susu

Sebenarnya tak ada waktu khusus atau waktu yang paling baik untuk mengonsumsi susu, tetapi jika Sobat Holopis memiliki tujuan khusus seperti untuk menurunkan berat badan atau meningkatkan masa otot, ada dua waktu minum susu yang disarankan, yaitu:

  • Setelah Makan

Bagi Sobat Holopis yang ingin menurunkan berat badan, minumlah susu setelah makan itu merupakan pilihan yang tepat, karena susus merupakan salah satu sumber protein. Kandungan protein inilah yang dapat memperbaiki metabolisme dan membuat kalian merasa lebih kenyang setelah makan.

  • Setelah Berolahraga

Ada beberapa penelitian menjelaskan bahwa minum susu setelah berolahraga baik untuk meningkatkan pembentukan masa otot dan juga mengurangi kadar lemak dalam tubuh.

Perlu Sobat Holopis ingat, tetaplah mengonsumsi susu sesuai dengan kebutuhan dan sesuai dengan porsinya. Jika susu berlebihan dikonsumsi secara berlebihan, maka jumlah kalori yang masuk ke tubuh kita akan meningkat dan akhirnya memicu pertambahan berat badan.

Apa saja yang perlu diperhatikan saat kita mengonsumsi susu?

Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Minum Susu

Susu memiliki banyak manfaat, tetapi ada sejumlah hal yang harus Sobat Holopis perhatikan saat minum susu, karena susu juga memiliki efek samping yang berbahaya untuk tubuh kita.

Susu juga dipercaya dapat mempengaruhi kemampuan tubuh kalian dalam menyerap obat, seperti phenytoin yang disarankan untuk dikonsumsi bersamaan dengan segelas susu, dan antibiotik atau suplemen zat besi yang tak disarankan untuk diminum bersama dengan segelas susu, karena bisa menghambat penyerapan kedua obat.

Berikut ini penyakit yang tak boleh mengonsumsi susu tanpa berkonsultasi dengan dokter, antara lain:

  • Alergi Susu

Susu merupakan asupan yang cukup sering menyebabkan timbulnya reaksi alergi terutama pada anak-anak, apabila dibandingkan dengan makanan yang lainnya seperti kacang ataupun telur.

Mengonsumsi susu pada penderita alergi susu dapat menyebabkan reaksi pada kulit, seperti gangguan pada usus, misalnya kolik, sembelit, dan juga diare. Tak hanya itu, beberapa keadaan bisa menimbulkan gejala yang lebih serius, seperti BAB berdarah, mengi, atau sulit bernapas.

  • Tukak Lambung

Sebelum adanya obat penghambat produksi asam lambung, minum susu dipercaya dapat menurunkan tingkat keasaman pada lambung yang dapat menyebabkan tukak lambung, tetapi pada kenyataannya, susu justru dapat meningkatkan produksi asam lambung, yang akan memperparah gejala yang dialami penderita tukak lambung.

  • Diabetes

Jika Sobat Holopis menderita diabetes, maka kandungan kalsium dan protein dalam susu sangat penting bagi kalian. Namun, disarankan untuk menghindari susu dengan kandungan lemak jenuh, lemak trans, karbohidrat, dan juga gula yang tinggi, karena akan memperburuk kondisi.

Untuk mendapatkan manfaat susu, disarankan untuk minum sesuai dengan kebutuhan harian kalian. Jika Sobat Holopis memiliki kondisi penyakit tertentu, cobalah untuk berkonsultasi terlebih dahulu denga dokter, agar kalian tahu kapan waktu yang pas untuk minum susu dan berapa takaran yang tepat untuk kalian.