JAKARTA, HOLOPIS.COM Dunia tanpa senjata nuklir, dapat dukungan dari 5 negara yang memiliki kekuatan nuklir terbesar. Kelima negara itu menegaskan, bahwa perang nuklir tidak akan memenangkan siapapun.

“Republik Rakyat China, Republik Prancis, Federasi Rusia, Kerajaan Bersatu Inggris Raya dan Irlandia Utara, dan Amerika Serikat mempertimbangkan penghindaran perang antara Negara-Negara Senjata Nuklir dan pengurangan risiko-risiko strategi sebagai tanggung jawab kami yang terdepan,” tulis pernyataan bersama yang dirilis situs Gedung Putih, Rabu (5/1).

“Sebagaimana penggunaan nuklir akan memiliki konsekuensi-konsekuensi jangka panjang, kami juga menegaskan bahwa senjata nuklir, selama mereka terus ada, seharusnya berfungsi sbagai tujuan-tujuan defensif, mencegah agresi, dan mencegah perang,” lanjut pernyataan itu.

Komitmen bersama itu dilakukan, mengikuti Nuclear Non-Proliferation Treaty (NPT) guna akhiri lomba membuat senjata nuklir, dan melakukan pelucutan senjata tersebut berdasarkan kontrol international yang tegas.

“Kami berniat melanjutkan pendekatan-pendekatan bilateral dan multilateral untuk menghindari konfrontasi militer, memperkuat stabilitas dan prediktabilitas, menambah kesepahaman dan kepercayaan diri bersama, dan mencegah perlombaan senjata yang tak menguntungkan siapapun dan membahayakan semua,” tulis pernyataan itu.