JAKARTA, HOLOPIS.COM – Drama korea ‘Snowdrop’ yang dibintangi oleh Jisoo BLACKPINK dan Jung Hae In saat ini masih berjalan.

Telah tayang 7 episode, banyak warganet yang sudah tak sabar menunggu kelanjutan dari ketegangan di Asrama Universitas Wanita Hosu.

Pada episode terbaru yang tayang pada hari Minggu (2/1), Snowdrop mencatat peningkatan rating nasional sebesar 3,3 persen.

Sebelum akhirnya membuat pentonon penasaran, drama yang memiliki latar belajang Seoul di tahun 80-an ini sempat tersandung beberapa kontroversi hingga nyaris membuat drama yang ditulis oleh Yoo Hyun-mi batal tayang.

Nama Karakter Utama Yang Sempat Diganti

Nama protagonist utawa wanita yang diperankan Jisoo BLACKPINK, awalnya diberi nama Eun Young Cho.
Namun, nama tersebut harus diganti karena merupakan nama salah satu aktivis di tahun 1987, Chun Young Cho.

Sempat Diminta Berhenti Tayang

Bahkan sebelum mulai tayang, sebuah Cheon Wa Dae meminta drama Snowdrop untuk berhenti tayang.

Petisi tersebut pun telah ditandatangani lebih 300 ribu orang. Snowdrop dianggap memperkuat narasi pemerintah otoriter di masa lalu terkait aktivis mahasiswa pro-demokrasi dengan Korea Utara.

Sponsor Memutuskan Kabur

Tuduhan-tuduhan terhadap Snowdrop mampu membuat sejumlah sponsor memutuskan untuk menarik diri, seperti Teazen, Ganisong, Nut’s Shake, dan The Silent Sea.

“Kami menjadi sponsor proyek tanpa tahu isinya,” kata Jeong Kyung-hwan, CEO P&J Group, dari Nut’s Shake.

JTBC Bantah Tudingan Terhadap Snowdrop

JTBC pun tak tinggal diam terhadap semua tudungan yang ditujukan kepada drama produksinya.

JTBC mengatakan, Snowdrop adalah karya kreatif yang menampilkan kisah individu yang dimanfaatkan dan dikorbankan para penguasa masa rezim militer Korea Selatan.