JAKARTA, HOLOPIS.COM – China, Rusia, Inggris, Amerika Serikat, dan Prancis sependapat bahwa perang nuklir harus dihindari, menurut sebuah pernyataan bersama dari lima negara kekuatan nuklir tersebut.

Kelima negara yang merupakan anggota tetap Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa – menyadari memiliki tanggung jawab utama untuk menghindari perang antara negara-negara nuklir, dan mengurangi risiko strategis, sambil bertujuan untuk bekerja dengan semua negara dalam menciptakan suasana keamanan.

“Kami menyatakan tidak akan ada pemenang dalam perang nuklir, itu tidak boleh dimulai,” kata versi bahasa Rusia dari pernyataan itu, dilansir dari Hindustan Times (3/1).

Prancis juga merilis pernyataan yang menggarisbawahi bahwa lima negara tersebut membulatkan tekad mereka untuk kontrol senjata nuklir dan perlucutan senjata.

Mereka akan melanjutkan pendekatan bilateral dan multilateral untuk pengendalian senjata nuklir, katanya.

Pernyataan itu muncul di tengah meningkatnya ketegangan geopolitik antara Moskow dan negara-negara Barat atas kekhawatiran tentang pembangunan militer Rusia di dekat negara tetangga Ukraina.