Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Kasus Omicron Melonjak, Jokowi: Jangan Lagi Ada Dispensasi Karantina Apalagi Bayar!

JAKARTA, HOLOPIS.COM Presiden Jokowi menyalahkan melonjaknya varian Omicron di Indonesia seluruhnya akibat impor dari para pelaku perjalanan luar negeri.

Dalam Rapat Terbatas hari ini, Jokowi mengakui kasus varian Omicron sudah melonjak menjadi 136 kasus dalam kurun waktu kurang dari satu bulan.

“Kalau kita lihat, kenaikan menjadi 136 kasus ini hampir seluruhnya berasal dari kasus impor,” kata Jokowi, Senin (3/1).

Dalam Ratas tersebut, Jokowi kemudian menekankan perlu dilakukan pengetatan secara maksimal proses karantina bagi para pelaku perjalanan luar negeri. Kepada BIN dan Polri, Jokowi memerintahkan agar pengawasan karantina tidak lagi jadi dijadikan ajang manfaat oleh para oknum.

“Oleh sebab itu, saya minta betul-betul utamanya yang berkaitan dengan Omicron ini adalah karantina bagi yang datang dari luar negeri. Jangan ada lagi dispensasi-dispensasi, apalagi yang bayar-bayar itu kejadian lagi. Saya harapkan sekali lagi BIN, Polri yang menyangkut urusan karantina agar betul-betul diawasi betul,” tegasnya.

Selain itu, Jokowi juga mendorong persiapan pusat kesehatan dengan melonjaknya varian omicron yang telah mencapai angka ratusan. Sebab, saat ini pemerintah sudah menggerakan kembali roda perekonomian dan sektor pendidikan yang sudah memulai Pembelajaran Tatap Muka (PTM).

“Oleh sebab itu, saya ingin ingatkan kembali langkah-langkah yang harus kita lakukan, utamanya mengenai persiapan fasilitas-fasilitas kesehatan yang kita miliki, baik pusat maupun daerah. Karena tadi pagi saya mendapat informasi bahwa sudah terjadi transmisi lokal kasus Omicron sehingga prosedur mitigasi harus betul-betul kita siapkan,” imbaunya.

Sementara itu, mantan Walikota Solo itu juga mendorong agar proses vaksinasi bagi seluruh masyarakat Indonesia bisa segera tercapai.Sebab, dengan target vaksinasi yang sudah mencapai 281 juta dosis, akan mudah untuk menyelesaikan selanjutnya.

“Kita harapkan terus kita kejar sesuai dengan target yang telah kita berikan, sehingga segera kita bisa menyelesaikan baik dosis 1 maupun dosis 2. Karena stok vaksin yang saya terima dari Menteri Kesehatan, betul-betul kita pada posisi yang melimpah,” pungkasnya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Lokasi Samsat Keliling di Jadetabek Hari Jumat 20 September

Lokasi Samsat Keliling di wilayah Jadetabek (Jakarta, Depok, Tangerang dan Bekasi), disiapkan Polda Metro Jaya di 14 lokasi, pada Jumat 20 September 2024.

Lokasi SIM Keliling Hari Jumat 20 September di Jakarta

Jadwal dan lokasi SIM Keliling di Jakarta, pada hari Jumat 20 September 2024 beroperasi di lima wilayah mulai pukul 08.00 – 14.00 WIB.

KAI dan Korlantas Polri Gencar Sosialisasikan Keselamatan Kepada Masyarakat

HOLOPIS.COM, JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia (Persero) bekerja...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru