JAKARTA, HOLOPIS.COM – Buah rambutan merupakan buah yang sangat terkenal di negara-negara tropis, termasuk di Indonesia. Buah ini juga terkenal karena bentuknya yang unik memiliki ‘rambut’ di bagian kulitnya, dan juga memiliki rasa yang manis sehingga menjadi salah satu buah favorit untuk dikonsumsi.

Namun, tahukah Sobat Holopis kalau buah ini selain bisa dinikmati sebagai pencuci mulut atau camilan, buah ini juga memiliki banyak manfaat untuk kecantikan loh!

Buah rambutan memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi dan sangat bermanfaat untuk kecantikan kulit. Mungkin Sobat Holopis masih banyak yang mempertanyakan fakta ini, benar atau tidak? Simak baik-baik informasi berikut ini untuk menjawab pertanyaan kalian.

Ada beberapa penelitian yang menjelaskan bahwa rambutan kaya akan air yang dipercaya dapat membantu melembabkan permukaan kulit kalian, tapi sebenarnya tak hanya itu, biji rambutan juga memiliki manfaat bagi kesehatan kulit.

Lantas apa saja manfaat dari buah rambutan?

Manfaat Buah Rambutan

Kandungan vitamin C yang cukup tinggi, membuat buah rambutan ini bermanfaat untuk kecantikan kulit kalian. Berikut ini manfaat dari buah rambutan, antara lain:

  • Mencerahkan Wajah

Pastinya Sobat Holopis setelah mengonsumsi buah rambutan akan membuang bagian kulitnya dengan begitu saja, karena dianggap tak lagi berguna. Padahal kulit buah rambutan berguna untuk mencerahkan kulit dengan pengaplikasian masker.

Cara pembuatannya sebagai berikut, pertama-tama kalian harus menghaluskan kulit buah rambutan dengan blender sampai menjadi pasta, lalu aplikasikan masker kulit rambutan ini ke seluruh wajah kamu. Kemudian diamkan selama kurang lebih 10 menit dan bilaslah hingga bersih.

Penggunaan masker ini dilakukan seminggu 2-3 kali, dan setelahnya kalian akan merasakan kulit tampak sehat dan cerah secara optimal.

  • Menutrisi Kulit

Buah ini bisa dijadikan masker untuk wajah, karena bermanfaat untuk menutrisi kulit tubuh. Jadi daging buahnya bisa dimanfaatkan untuk membuat kulit kalian menjadi mulus dan kenyal.

Biasanya cara pembuatan masker buah rambutan untuk menutrisi kulit adalah campurkan buah rambutan yang sudah dihaluskan dengan minyak zaitun, lalu aplikasikan ke seluruh permukaan kulit, kemudian diamkan selama kurang lebih lima belas menit setelah itu bilang hingga bersih.

  • Mengurangi Jerawat

Tak hanya berguna untuk menghindari peradangan pada kulit, buah ini juga bermanfaat untuk mengurangi munculnya jerawat. Terutama yang disebabkan oleh debu atau kotoran dari polutan yang menempel. Menutrisi Rambut.

  • Menutrisi Rambut

Tak hanya kulit, daging, dan juga biji buah rambutan yang banyak menyimpan manfaat, ada salah satu bagian lagi yang dapat digunakan untuk kecantikan, yaitu bagian daunnya. Daun rambutan bermanfaat untuk menutrisi rambut kalian.

Untuk merasakan bagusnya daun buah rambutan, Sobat Holopis bisa menjadikan daun buah ini sebagai masker, dimana masker ini nantinya akan merawat rambut kalian.

Pembuatan maskernya bisa kalian menggunakan cara sebagai berikut, pertama-tama kalian harus cuci terlebih dahulu daunnya, lalu haluskan dengan menambahkan sedikit air. Kemudian saring dengan kain bersih, lalu sarinya lah yang harus kalian pergunakan sebagai masker. Oleskan sari daun tersebut secara merata ke seluruh rambut kalian, tetapi perlu diingat kalian tak membasahi rambut kalian terlebih dahulu, dan biarkan masker tersebut kering seperti biasa, lalu pijat-pijat kulit kepala kalian secara lembut dan perlahan-lahan, setelah itu diamkan selama kurang lebih sepuluh atau lima belas menit dan bilaslah menggunakan air bersih.

  • Mencegah Penuaan Dini

Biasanya biji rambutan itu ditanam kembali atau bahkan langsung dibuang, tetapi pada kenyataannya biji buah satu ini punya manfaat lain, yaitu mencegah penuaan dini.

Untuk pembuatan masker ini, pertama-tama kalian hanya perlu memisahkan biji rambutan dan cuci bersih lalu haluskan. Setelah halus, tambahkan minyak zaitun dan aduk hingga merata, kemudian kalian bisa mengaplikasikannya ke seluruh kulit kalian dan diamkan selama sepuluh atau lima belas menit. Setelah selesai, kalian perlu membilasnya hingga bersih.

Sebelum Sobat Holopis membeli buah ini, harus dipastikan baik buruknya buah ini, berikut ini ada tips memilih buah rambutan yang baik untuk dikonsumsi, antara lain:

  • Pertama-tama kalian harus memilih rambutan yang berwarna merah, semakin jelas warna merahnya semakin baik juga buah tersebut.
  • Lalu untuk Sobat Holopis yang sedang mengandung, cobalah pilih rambutan yang cukup matang, tetapi jangan terlalu matang.
  • Apabila buah rambutan terlihat menjadi keriput, itu artinya buah rambutan sudah membusuk dan tak baik untuk dikonsumsi.
  • Terakhir adalah pilihlah rambut dengan daging buah yang keras dan juga bening tanpa adanya efek juicy.

Ingat ya Sobat Holopis, walaupun buah rambutan memiliki manfaat dan rasa yang sangat nikmat, sebaiknya jangan dikonsumsi secara berlebihan dan juga terlalu matang, lalu cobalah untuk memilih rambutan berdasarkan tips yang sudah diberikan di atas.