Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024
NewsEkobizKaleidoskop 2021 : Tren Usaha Sepanjang 2021

Kaleidoskop 2021 : Tren Usaha Sepanjang 2021

JAKARTA, HOLOPIS.COM Tahun 2021 yang digadang pemerintah menjadi tahun kebangkitan prekonomian nasional setelah pandemi Covid-19 hanyalah angan belaka.

Meningkatnya kasus positif Covid-19 pada awal 2021 serta munculnya gelombang kedua Covid-19 pada pertengahan tahun akibat varian Delta membuat sentimen negatif terhadap perekonomian Indonesia.

Di tahun ini, 2021, banyak perusahaan yang terpaksa gulung tikar akibat tak mampu menghadapi pandemi. Sehingga banyak karyawan yang harus rela menganggur akibat Pemutusan Hubungan Kerja (PHK).

Namun di sisi lain, banyak juga usaha kreatif yang bermunculan. Berikut ini tren usaha sepanjang 2021 yang berhasil Holopis.com rangkum:

1. Bimbel online

Pandemi Covid-19 membuat dunia pendidikan harus bertransformasi ke arah digital, dengan merubah sistem pembelajaran dari luring ke daring (online). Dengan adanya perubahan ini, tak sedikit siswa yang merasa kesulitan dalam menyerap pembelajaran yang diberikan.

Kondisi ini menjadi peluang emas bagi para pelaku usaha bimbingan belajar (bimbel) online. Mereka, para tutor bimbel online masuk untuk membantu kesulitan siswa dalam menyerap pelajaran.

2. Pengantaran Barang

Anjuran ‘di rumah saja’ manjadi penghalang bagi mereka yang ingin memberikan barang ke rekannya. Situasi ini manjadikan usaha jasa pengantaran barang menjadi tren bisnis selama pandemi.

3. Permodalan Alternatif

Ekonomi yang kian terpuruk akibat pandemi Covid-19 membuat sumber permodalan alternatif banyak dicari oleh mereka yang mengalami kerugian financial. Hal ini membuat pendanaan seperti pinjaman atau investor alternatif menjadi salah satu pilihan usaha yang tepat di tengah pandemi.

Saat ini, sumber modal alternatif memiliki peran penting dalam menjaga kelangsungan bisnis. Alternatif sumber permodalan banyak ditemui dalam bentuk fintech, modal ventura, angel investor, pinjaman peer-to-peer dan crowdfunding.

4. Jasa Pembuatan Aplikasi dan Web

Di sepanjang tahun 2021, di tengah hantaman pandemi Covid-19, banyak perusahaan yang sadar akan pentingnya digitalisasi. Situasi ini yang membuat para pelaku bisnis jasa pembuatan aplikasi dan web kebanjiran order.

5. Tanaman Hias

Bisnis tanaman hias menjadi tren seiring dengan banyaknya orang yang mulai beraktivitas dinrumah. Hal ini yang mendorong mereka untuk mengoleksi tanaman hias di rumah sebagai sarana untuk melepas penat.

Berdasarkan data dari Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI), Ekspor tanaman hias Indonesia mengalami kenaikan sebesar 69,73 persen pada periode Januari hingga September 2021.

6. Bisnis produk kesehatan

Satu lagi bisnis yang menjadi tren di tahun 2021 adalah bisnis produk kesehatan. Menjaga kesehatan merupakan poin penting untuk mengakhiri pandemi Covid-19 ini. banyak masyarakat yang membeli produk-produk kesehatan seperti vitamin, masker, disinfektan, hand sanitizer, dan obat-obat lain yang dapat menjaga daya tubuh.

Bisnis ini sebenarnya sudah merebak sejak kasus Covid-19 pertama kali diumumkan pada tahun 2020 lalu. Namun hingga saat ini, permintaan akan produk kesehatan masih tinggi. Hal itu menjadikan peluang bisnis produk kesehatan sangat baik dan banyak dilakoni oleh masyarakat.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

Bahlil Kasih Sinyal Pemerintah Batal Batasi Pembelian BBM Subsidi Mulai 1 Oktober 2024

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Bahlil Lahadalia memberikan sinyal kuat, bahwa aturan pembatasan pembelian bahan bakar minyak (BBM) subsidi batal diberlakukan mulai 1 Oktober 2024.

Teknologi Makin Canggih, Jokowi Ingatkan 85 Pekerjaan Bakal Hilang Tahun Depan

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan sebanyak 85 juta pekerjaan akan hilang pada tahun 2025, seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih.

Jelang Akhir Pekan, IHSG Berakhir Lesu

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berakhir melemah pada penutupan perdagangan menjelang akhir pekan ini, Jumat (20/9).

PT MRT Jakarta Raih Penghargaan Industry Award di Dubai

PT MRT Jakarta (Perseroda) meraih penghargaan pemenang “Industry Award” 2024 untuk region Eropa, Timur Tengah, Afrika/Asia Pasifik/Amerika.