Minggu, 22 September 2024
Minggu, 22 September 2024
NewsEkobizCerita Menkeu Mati-matian Sediakan Dana Demi Tangani Pandemi

Cerita Menkeu Mati-matian Sediakan Dana Demi Tangani Pandemi

JAKARTA, HOLOPIS.COM Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati bercerita mengenai langkah pemerintah, khususnya Kementerian Keuangan dalam menangani pendemi COVID-19.

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia itu mengatakan, pihaknya terus berupaya menyediakan anggaran negara untuk menyelamatkan masyarakat dari bahaya virus COVID-19 dan pemulihan ekonomi akibat pandemi.

“Pokoknya apapun yang berhubungan dengan (penanganan) pandemi maka tidak ada masalah dana, dana harus disediakan. Karena pandemi ini akan memporak-porandakan segala macam, jadi anggaran kita naikkan,” ucap Menkeu dalam sebuah acara virtual dengan tema ‘Pahlawan Vaksin’, (28/12).

Menkeu
Menteri Keuangan dalam sebuah acara virtual bertema ‘Pahlawan Vaksin’

Salah satu hal penting dalam penanganan pandemi ini, kata Sri Mulyani, adalah soal pengadaan vaksin. Dimana pemerintah dalam hal ini harus memutar otak untuk bisa mendapatkan vaksin ketika sudah ada vaksin yang tersedia saat itu juga.

Menkeu Sri Mulyani pun bercerita mengenai pengalokasian anggaran agar program vaksinasi COVID-19 dapat berjalan efektif.

“Makanya kami terus menerus melakukan apa yang disebut fleksibilitas dari APBN, tapi tetap akuntabel. Karena yang kita hadapi itu belum tentu ada satu kali dalam 100 tahun ya, dan kejadiannya kan nggak semuanya bisa under our control,” ujarnya.

Ia mengatakan, bahwa dalam satu tahun ini, pihaknya telah melakukan realokasi anggaran sebanyak 4 kali karena lonjakan kasus Covid yang tidak bisa diprediksi. Hal ini tentu berdampak pada kondisi perekonomian nasional.

“Tentu kalau dari sisi APBN-nya sendiri harus dipahami oleh semua Kementerian/Lembaga. Ada beberapa kali sidang kabinet paripurna dimana semua K/L harus hadir, disitu dijelaskan desain APBN awal, kemudian adanya refocusing yang Presiden sudah menginstruksikan kita lakukan, saya mengeksekusi, kemudian kita follow up dalam bentuk postur APBN yang berubah,” terangnya.

Meskipun demikian, Sri Mulyani menegaskan bahwa pihaknya selelu menjaga akuntabilitas dalam pengelolaan anggaran. Sebab, katanya, tata kelola yang baik dalam membangun good governance menjadi klausul yang tidak boleh dikesampingkan dalam pelaksanaan anggaran.

“Jadi episode ini (pandemi Covid) itu memberikan pembelajaran yang luar biasa baik itu untuk kepemerintahan ya, untuk pemerintah, untuk rakyat, dan untuk dunia usaha,” pungkasnya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

Menhub Klaim Punya Jurus Jitu Turunkan Harga Tiket Pesawat

Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi mengungkapkan sejumlah cara untuk menurunkan harga tiket pesawat yang semakin mahal. Setidaknya, kata dia, terdapat empat cara yang dipaparkan olehnya.

DJP Klaim MLI STTR yang Diteken Sri Mulyani Bisa Dongkrak Penerimaan Pajak

Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mengklaim, perjanjian Multilateral Instrument Subject to Tax Rule (MLI STTR) bisa mendongkrak penerimaan pajak negara.

Pasar Keuangan RI Banjir Dana Asing dalam Sepekan

Bank Indonesia (BI) mencatat aliran dana asing yang masuk ke pasar keuangan Indonesia selama sepekan terakhir, yakni selama periode transaksi 17 - 19 September 2024 sebesar Rp 25,6 triliun.

Harga Bahan Pangan Kompak Naik di Akhir Pekan

Harga bahan pangan secara nasional di tingkat pedagang eceran terpantau mengalami kenaikan pada akhir pekan ini, Sabtu 21 September 2024.