Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Tubuh Alami Dehidrasi? Ini Daftar Minuman Sehat Untuk Dikonsumsi

JAKARTA, HOLOPIS.COM – Setelah Sobat Holopis beristirahat semalaman, tubuh kalian bisa kehilangan banyak cairan atau rentan terhadap dehidrasi. Oleh sebab itu kalian sebaiknya langsung minum setelah bangun tidur agar mengebalikan cairan tubuh kalian yang sudah hilang.

Selain bermanfaat untuk mengembalikan cairan tubuh yang sudah hilang, mengonsumsi minuman yang tepat di pagi hari juga bermanfaat untuk meningkatkan energi dan juga metabolisme pada tubuh.

Lalu apa sih yang bisa Sobat Holopis konsumsi di pagi hari? Secangkir kopi hitam kah? Ada sebuah penelitian menjelaskan bahwa waktu yang paling sehat untuk minum kopi bukanlah di pagi hari.

Jika Sobat Holopis membiasakan menikmati secangkir kopi di pagi hari, cobalah untuk menggantikan kebeberapa pilihan minuman yang sehat agar kalian bisa lebih segar dan bersemangat dalam beraktivitas.

Lantas apa saja yang bisa Sobat Holopis minum di pagi hari?

Jenis Minuman Yang Bisa Dipilih

Minuman yang paling penting kalian konsumsi pertama kali setelah bangun tidur adalah air putih, karena kalian pasti dianjurkan untu mengonsumsi satu gelas putih ketika bangun tidur, agar meningkatkan metabolisme, membuang racun pada tubuh kalian, dan juga mencukupi kebutuhan cairan kalian. Berikut ini adalah list minuman di pagi hari yang bisa Sobat Holopis pilih untuk memulai aktivitas kalian menurut dr. Allert Benedicto Ieuan Noya, antara lain:

  • Infused Water

Jika Sobat Holopis masih dalam keadaan mengantuk tetapi sedang buru-buru untuk beraktivitas di pagi buta, cobalah minum segelas air lemon atau air jeruk yang kaya akan vitamin. Tak hanya segarnya, rasa asamnya pun tentu bisa membuat kalian makin melek.

Kandungan vitamin C juga dipercaya dapat meningkatkan stamina tubuh kalian sepanjang aktivitas di hari itu. Tak hanya itu, kandungan antioksidan dan juga mineral juga bisa membantu membersihkan racun dari dalam tubuh sehingga kalian tak gampang sakit.

Cara mengolahnya cukup mudah, kalian hanya perlu membuat infused water dengan memasukkan irisan buah lemon ke dalam sebuah botol berisi air putih, kemudian dinginkan dalam lemari es selama kalian tidur.

  • Air Kelapa

Apabila Sobat Holopis kurang suka dengan rasa asam atau takut pagi-pagi perut kalian sakit karena minum air lemon, cobalah untuk minum air kelapa. Air ini adalah salah satunya alternatif minuman sehat yang punya banyak manfaat bagi tubuh kalian jika dikonsumsi pagi hari.

Minum air kelapa di pagi hari dipercaya dapat membantu mengembalikan cairan tubuh yang hilang setelah semalaman kalian tak makan ataupun minum. Ada sebuah penelitian yang menjelaskan bahwa air kelapa kaya akan kandungan antioksidan, yang dipercaya untuk membuang racun dan menangkal radikal bebas yang membahayakan bagi tubuh kalian.

Selain itu, air kelapa juga bisa menjaga detak jantung tetap teratur dan melancarkan metabolisme tubuh. Jika Sobat Holopis rutin minum air kelapa, akan membantu mengurangi risiko penyakit jantung, dan menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida atau lemak jahat dalam tubuh.

  • Air Jahe

Mungkin dari sebagian orang pasti ragu untuk minum air jahe di pagi hari karena khawatir jahe akan membuat perut kalian sakit atau merasa tak nyaman. Pada kenyataannya, mengonsumsi air jahe di pagi hari bermanfaat untuk menenangkan perut kalian. Minuman ini juga mampu mengatasi mual, muntah, dan juga diare.

  • Jus atau Smoothies

Minuman selanjutnya adalah jus atau smoothies. Minuman ini tak hanya membantu mengembalikan cairan dalam tubuh kalian yang hilang, tetapi juga memberikan asupan beragam vitamin dan juga mineral yang kalian butuhkan sepanjang hari.

Jus atau smootihes juga tinggi akan serat yang membuat kalian merasa kenyang lebih lama sehingga membantu mengurangi keinginan untuk makan banyak. Tak hanya itu, jus adalah minuman sehat yang sangat fleksibel untuk diminum, kalian bisa mengkombinasikan beberapa buah atau beberapa sayuran, atau jika ingin lebih menarik cobalah untuk menambahkan yogurt atau bubuk oatmeal atau power powder, dan disarankan untuk tidak menambahkan gula.

  • Teh Hijau

Tak hanya aromanya saja yang bisa dinikamti, teh hijau juga ternyata baik untuk dikonsumsi pagi hari karena dapat membantu kalian lebih segar dan siap beraktivitas sepanjang hari. Selain itu, teh hijau juga dipercaya dapat menurunkan risiko terjadinya beberapa penyakit serius, seperti penyakit jantung, penyakit liver, dan juga diabetes.

Sobat Holopis disarankan untuk rutin mengonsumsi teh hijau, yang dipercaya dapat menurunkan risiko terjadinya obesitas.

  • Susu

Mengonsumsi susu tak hanya baik untuk anak-anak, tetapi juga baik untuk orang dewasa, karena bermanfaat untuk memperkuat tulang dan juga otot, serta meningkatkan metabolism pada tubuh kalian.

Jika Sobat Holopis tak terbiasa minum segelas susu di pagi hari, cobalah untuk mencapurkan susu dengan sereal ataupun sup.

Untuk memulai aktivitas, pastiya tubuh kalian membutuhkan yang segar-segar, selain mengonsumsi minuman diatas, SObat Holopis juga perlu menghindari minuman yang bersoda, minuman energi dan juga minuman beralkohol, karena akan menyebabkan dehidrasi dan rasa cemas yang berlebihan. Tak hanya itu, disarankan juga untuk menghindari mengonsumsi kopi di pagi hari saat perut kalian masih kosong.

Jenis minuman diatas dapat meningkatkan energi kalian sebelum memulai aktivitas. Namun, jika kalian memiliki kondisi kesehatan yang tak baik, sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter untuk mengenal makanan atau minuman apa saja yang baik dikonsumsi sesuai dengan kondisi kesehatan kalian.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Jagal di Gunungkidul Diminta Tak Sembelih Hewan Ruminansia dan Cegah Penyakit Ternak Zoonasis

Kepolisian Daerah (Polda) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) bersama Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) dan Dinas Kesehatan (Dinkes) Gunungkidul melakukan sosialisasi dan edukasi larangan penyembelihan hewan ruminansia dan bahaya penyakit binatang ternak zoonosis.

Waspada! Mpox di Afrika Sudah Tak Terkendali

HOLOPIS.COM - Angka kasus cacar monyet (monkey pox/Mpox) di...

Monkey Pox Ditularkan oleh Homo Seksual

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin membenarkan...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru