Efek Samping Buah Cempedak

Berikut ini efek samping dari buah cempedak, jika kalian mengonsumsinya secara berlebihan, antara lain:

  • Muncul Alergi

Untuk munculnya alergi dari buah ini sangatlah jarang terjadi, tetapi pernah ditemukan kasus alergi pada buah nangka (masih satu keluarga) pada beberapa orang yang miliki riwayat alergi silver birch pollen atau alergi terhadap serbuk sari dari tanaman.

Kasus alergi pada buah-buahan dari keluarga Moraceae dalam hal ini buah cempedak sangat jarang terjadi.

  • Obesitas

Buah-buahan memang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi setiap hari, tujuannya untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan juga gizi pada tubuh kita, kandungan serat yang utama sangat dibutuhkan agar pencernaan tetap sehat.

Tetapi harus kalian ketahui bahwa buah-buahan sudah mengandung gula alami yang sebenarnya baik untuk tubuh. Pada buah cempedak memiliki kandungan gula sebanyak 116 kalori/100 gram, dimana jika dikonsumsi secara berlebihan maka kandungan gula pada buah-buahan akan menyumbang risiko obesitas.

Sobat Holopis sangat disarankan untuk mengonsumsi buah sesuai dengan kebutuhan dan hindarilah mengonsumsi buah cempedak dalam bentuk jus, karena jumlah sajian pada jus tak dapat diukur dengan pasti.

  • Meningkatkan Asam Lambung

Bagi Sobat Holopis yang memiliki riwayat penyakit maag, sebaiknya tak mengonsumsi buah cempedak dalam jumlah yang banyak, karena buah ini mengandung asam yang dapat meningkatkan asam lambung kalian.

  • Mengalami Sakit Perut

Cempedak memiliki rasa yang sanga manis dan juga nikmat, tetapi rasa manis yang terkandung dalam buah ini merupakan gula alami (fruktosa), yang dipercaya dapat menyebabkan sakit perut apabila kalian memiliki kecenderungan sensitive terhadap fruktosa.

  • Tak Baik Untuk Ibu Hamil

Walaupun buah ini memiliki rasa yang manis, tetapi perlu kalian ingat buah ini juga memiliki kandungan asam. Dimana kandungan itulah yang dapat menyebabkan gangguan pada lambung kalian dan juga pencernaan kalian. Contoh kasusnya adalah dimana seseorang dalam kondisi hamil dan memiliki riwayat sakit maag, inilah yang tak dianjurkan untuk mengonsumsi buah cempedak.

Ada beberapa tips yang bisa Sobat Holopis lakukan untuk menyimpan dan juga mengonsumsi buah cempedak, antara lain:

  • Tips Menyimpan Buah Cempedak

Pertama piihlah buah cempedak yang belum matang sempurna, karena buah ini sangat cepat matang setelah dipetik dari pohonnya. Lalu kupas dan bersihkanlah buah dengan air mengalir, setelah itu pisahkan daging dengan bijinya. Cuci bersih kulit buah cempedak dan segeralah diolah atau disimpan setelah dicuci bersih. Simpahlah dalam wadah yang tertutup, akrena buah ini memiliki aroma yang sangat kuat, lalu simpah dalam lemari es dan buah ini bertahan selama 3-4 hari.

  • Tips Mengkonsumsi Buah Cempedak

Cempedak bisa kalian konsumsi secara langsung setelah dicuci bersih. Daging buah cempedak muda dapat dijadikan masakan menjadi sayur, kulit buah cempedak dapat dikonsumsi dengan menggorengnya terlebih dahulu, dan biji buah cempedak dapat direbus atau digoreng untuk dikonsumsi.