Manfaat Buah Cempedak

Buah cempedak memiliki banyak kandungan nutrisi yang banyak sekali manfaat untuk kesehatan. berikut ini manfaat dari buah cempedak untuk kesehatan menurut dr. Meva Nareza, antara lain:

  • Menjaga Kesehatan Jantung

Cempedak memiliki kandungan antioksidan yang tinggi dan vitamin C, sehingga dipercaya dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Nutrisi-nutrisi itulah yang mampu mencegah tekanan darah tinggi (hipertensi) dan mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah, yang merupakan faktor risiko terjadinya penyakit jantung.

  • Mengobati Malaria

Ekstrak buah cempedak sudah sangat terkenal sebagai obat malaria yang cukup efektif, karena kandungan senyawa artoindonesianin dan antioksidan alami lainnya yang terdapat dalam daging buah itu.

Ada sebuah penelitian menjelaskan bahwa ekstrak buah cempedak mampu membunuh parasit penyebab malaria, yaitu senyawa plasmodium falciparum, tetapi pemanfaatan buah ini sebagai obat malaria masih belum aman untuk dilakukan.

  • Menjaga Kesehatan Pencernaan

Buah ini bermanfaat untuk menjaga kesehatan pencernaan, karena kandungan serat yang ada pada buah ini diketahui mampu meningkatkan kerja usus dalam penyerapan nutrisi dan menjaga keseimbangan bakteri baik (probiotik) pada usus.

Tak hanya itu, manfaat cempedak juga didukung oleh kandungan mineral, vitamin, dan juga antioksidan xanthone yang dipercaya mampu meningkatkan kesehatan sistem pencernaan, seperti membantu menyembuhkan tukak saluran pencernaan.

  • Mengurangi Risiko Diabetes

Buah cempedak memiliki kandungan mineral yang bermanfaat untuk membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah, yaitu kalium. Apabila mengkonsumsi buah ini dianjurkan sekali untuk sesuai dengan porsinya, sehingga terjaga kadar kolesterol dalam darah kalian.

  • Menjaga Kesehatan Mata

Buah cempedak termasuk buah yang memiliki banyak vitamin A, seperti yang diketahui vitamin A sangat baik untuk kesehatan mata. Pada buah ini juga ditemukan kandungan karoten dalam kulit buah ini, karena dipercaya dapat membantu vitamin A untuk menjaga kesehatan mata.

  • Mengontrol Gula Darah

Manfaat cempedak tak hanya dari daging buahnya saja, tetapi juga bisa dari bijinya. Biji cempedak diketahui bisa diolah menjadi sebuah tepung dan bisa dimanfaatkan sebagai alternatif pengganti tepung terigu.

Kalau dibandingkan dengan tepung biasa, tepung biji cempedak memiliki banyak kandungan serat dan juga nutrisi, serta memiliki kendungan glikemik yang lebih rendah dari tepung roti. Oleh karena itu, tepung biji cempedak bisa dijadikan pilihan yang lebih sehat untuk kalian yang mengidap penyakit diabetes ataupun obesitas.

Tak hanya memiliki banyak manfaat, buah satu ini juga memiliki efek samping yang berbahaya untuk kesehatan. Lalu apa saja efek samping dari buah cempedak?