Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Dianggap Gagal Lindungi Kesehatan Mental Moderator Konten, TikTok digugat

JAKARTA, HOLOPIS.COM – Mantan moderator konten melayangkan gugatan terhadap TikTok. Ia menuding perusahaan induk TikTok, ByteDance, tidak menyediakan perlindungan yang memadahi untuk melindungi kesehatan mental para moderator dari rasa trauma akibat menyaksikan konten kekerasan berkali-kali.

Dalam gugatan class action yang diajukan di Pengadilan Distric Pusat California, mantan moderator bernama Candie Frazier mengatakan, dia menghabiskan 12 jam sehari memoderasi video yang diunggah di platform TikTok. Ia bekerja untuk perusahaan kontraktor pihak ketiga bernama Telus International.

Frazier mengatakan dirinya, “Menyaksikan ribuan tindakan kekerasan ekstrim dan grafis, termasuk penembakan massal, pemerkosaan anak, mutilasi hewan, kanibalisme, pembunuhan anggota geng, hingga genosida.”

Frazier menyebut, untuk menghadapi volume besar konten yang diunggah ke TikTok tiap harinya, dia dan rekan moderatornya harus menonton antara tiga hingga 10 video secara bersamaan. Setidaknya tiap video dimuat setiap 25 detik.

Parahnya, para moderator hanya boleh beristirahat satu kali dengan durasi 15 menit, dalam empat jam pertama shift mereka. Selanjutnya ada juga istirahat tambahan 15 menit tiap dua jam setelahnya.

Gugatan hukum itu mengatakan, ByteDance memantau kinerja dengan cermat dan memberikan hukuman berat tiap ada waktu yang tidak digunakan dengan maksimal.

Gugatan ini juga menyatakan, TikTok dan mitranya telah gagal memenuhi standar yang dimaksudkan untuk mengurangi bahaya moderasi konten. Dalam standar yang berlaku, setidaknya perusahaan yang mempekerjakan moderator harus menawarkan jeda lebih sering pada para moderator.

Selain itu perusahaan juga perlu menawarkan dukungan psikologis dan perlindungan teknis, seperti mengaburkan atau mengurangi resolusi video yang tengah ditinjau.

“Saya menderita trauma psikologis yang parah, termasuk Depresi dan gejala yang berhubungan dengan kecemasan dan PTSD sebagai imbas dari pekerjaan (moderasi),” kata Frazier dalam gugatan.

Laporan atau gugatan hukum seperti yang dilayangkan Frazier memperlihatkan bahwa kondisi pekerjaan sebagai seorang moderator konten masih sangat menantang dan butuh perhatian ekstra.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

iOS 18 Meluncur, Lakukan Hal Ini Sebelum Update!

Apple telah resmi meluncurkan sistem operasi terbaru untuk smartphone iPhone mereka, yakni iOS 18. iOS anyar dari raksasa teknologi Amerika Serikat ini membawa segudang fitur baru dan peningkatan performa yang menarik.

Daftar iPhone yang Masih Kebagian iOS 18, Ada Punyamu?

Apple kembali menghadirkan inovasi terbaru melalui iOS 18. Sistem operasi ini membawa segudang fitur menarik yang membuat pengalaman pengguna iPhone semakin seru.

Roy Minta Kepala BSSN dan Budi Arie Dicopot Usai Data Ditjen Pajak Jebol

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Pakar telematika, Roy Suryo merasa geram...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru