Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Kemendikbudristek Pastikan Pelajaran Sejarah Tetap Ada di Kurikulum Prototipe

JAKARTA, HOLOPIS.COM – Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kemendikbudristek Anindito Aditomo memastikan, mata pelajaran Sejarah tetap ada pada Kurikulum Prototipe yang mulai ditawarkan pada sekolah di 2022 mendatang.

Hal ini sekaligus menepis isu jika mata pelajaran Sejarah tidak ada pada kurikulum tersebut.

“Tidak betul (ditiadakan), materi sejarah tetap ada. Bahkan menjadi salah satu mapel wajib sampai Kelas 12,” tuturnya (24/12).

Kurikulum Prototipe ini merupakan kerangka kurikulum yang lebih fleksibel, sekaligus berfokus pada materi esensial dan pengembangan karakter dan kompetensi siswa. Kurikulum prototipe ini sedang diujicobakan di sekitar 2.500 sekolah penggerak dan 900 SMK PK dari seluruh Indonesia.

“Kebijakan kurikulum prototipe merupakan kelanjutan dari kebijakan pembelajaran yang diluncurkan pada Agustus 2020 sebagai respons terhadap pandemi Covid. Pada saat ini, Kemendikbudristek meluncurkan ‘Kurikulum Darurat’, yang merupakan penyederhanaan dari Kurikulum 2013, beserta modul-modul literasi dan numerasi yang praktis untuk siswa, guru, dan orang tua,” ujarnya.

Berdasarkan studi yang telah dilakukan Kemendikbudristek bersama INOVASI, kebijakan Kurikulum Darurat dapat mengurangi dampak negatif pandemi secara signifikan.

“Mulai tahun ajaran 2022, Kurikulum Prototipe dan Kurikulum Darurat akan menjadi opsi yang dapat dipilih oleh satuan pendidikan yang berminat menerapkannya. Karena sifatnya opsional, Kurikulum Prototipe tidak disebut sebagai Kurikulum 2022,” kata Anindito.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Kemendikbudristek Berhasil Turunkan Disparitas Akses Pendidikan Selama Satu Dekade

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Kemendikbudristek berhasil turunkan disparitas akses pendidikan...

Kemendag dan Kemdikbudristek Kembali Buka Program Magang Penggerak Muda Pasar Rakyat 2024

Kementerian Perdagangan (Kemendag) bersama Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek) kembali membuka program magang bersertifikat Penggerak Muda Pasar Rakyat (PMPR) 2024.

Heru Budi Hartono dan Dinas Kesehatan Pantau Langsung Uji Coba MGB di Sekolah SD Jaksel

Penjabat (Pj) Gubernur Daerah Khusus Jakarta, Heru Budi Hartono mengunjungi SDN Gunung 01, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, pada Selasa (3/9).
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru