JAKARTA, HOLOPIS.COM Short Message atau pesan singkat yang lebih dikenal dengan SMS, menjadi sesuatu yang sering digunakan untuk berkirim pesan saat pertama kali munculnya handphone atau telepon genggam. SMS menjadi salah satu metode komunikasi yang paling populer.

Baru – baru ini sebuah pesan SMS pertama di dunia yang terkirim, laku terjual saat dilelang. Harganya pun cukup fantastis, yaitu sekitar 90 ribu poundsterling atau di kisaran Rp 1,7 miliar.

SMS tersebut bertuliskan ucapan Merry Christmas atau Selamat Natal, yang dikirimkan pada tahun 1992 atau 29 tahun lalu.

Seperti dikutip dari Daily Mail, Kamis (23/12) SMS tersebut dikirim menggunakan komputer oleh engineer bernama Neil Papworth kepada koleganya, Richard Jarvis. SMS tersebut, diterima dengan sebuah perangkat telepon bernama Orbitel, yang mirip dengan telepon meja tapi tidak ada kabelnya.

“Mereka ketika itu sedang menggelar acara di akhir tahun sehingga ia mengirim pesan itu dengan bunyi Merry Christmas,” kata Maximilen Agutess dari rumah lelang Aguttes di kota Paris.

sms
Kode dan juga protokol komunikasi SMS pertama kali di dunia yang dilelang dalam bentuk NFT di rumah lelang Aguttes, Paris, Senin (20/12) (Foto Alain Jocard/AFP)

Pesan SMS pertama di dunia itu, terjual dalam bentuk NFT atau non fungible token. NFT merupakan tipe aset digital, yang belakangan sedang ngetren di berbagai negara. etiap NFT merupakan sesuatu yang unik dan bisa berupa foto, video atau teks.

Pemenang lelang yang tidak mau disebut namanya itu, akan menerima replika protokol yang mentransmisikan SMS itu. Karena NFT masih belum legal di Prancis, maka rumah lelang tersebut menampilkan SMS pertama itu dalam bingkai digital, yang menampilkan kode dan juga protokol komunikasinya.

Sedanagkan dana hasil lelang yang didapatkan, akan diberikan pada lembaga kemanusiaan PBB yaitu United Nations Refugee Agency.