Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Siapa Yang Gemar Mengonsumsi Buah Kedondong? Kenali Manfaat Hingga Bahayanya

  • Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Buah kedondong mengandung banyak vitamin C dan juga zat besi, yang mampu meningkatkan kekebalan tubuh dan dapat melawan bakteri yang menjadi sumber penyakit. Tak hanya itu, buah ini juga berperan untuk meningkatkan penyerapan zat besi kedalam aliran darah. Selain itu, kalian juga dapat mencegah diri dari anemia serta kelelahan yang berlebihan dan meningkatkan imunitas tubuh.

  • Mencegah Diabetes

Penyakit diabetes mellitus adalah salah satu sindrom yang ditandai dengan terjadinya hiperglikemika dan postprandial yang tak sesuai. Faktor dari penyakit tersebut disebabkan oleh penurunan kadar insulin yang mempengaruhi gangguan metabilisme protein dan juga lemak.

  • Mengontrol Kolesterol

Buah kedondong dipercaya dapat mencegah kolesterol jahat dalam tubuh, karena kandungan serat yang tinggi berfungsi untuk mengurangi kolesterol serta trigliserida dalam darah, sehingga Sobat Holopis bisa mengonsumsi kedondong secara teratur untuk mendapatkan manfaatnya.

  • Menurunkan Berat Badan

Jika Sobat Holopis mengonsumsi 100 gram buah kedondong maka kandungan yang diterima oleh tubuh kalian hanya 40 kalor, dimana buah ini cocok sekali untuk teman diet kalian. Selain itu, buah kedondong juga kaya akan serat, sehingga dapat melancarkan pencernaan kalian.

Apabila pencernaan kalian lancar, dapat terhindar dari gangguan pencernaan, seperti sembelit dan juga kembung, yang bisa mengganggu program penurunan berat badan kalian.

  • Mengatasi Infeksi Kulit

Buah kedondong memiliki kandungan antioksidan yang tinggi serta berfungsi sebagai anti bakteri, dan buah ini juga dapat mengatasi kondisi kulit tertentu, seperti kekeringan, rosacea, dan infeksi kulit lainnya, karena kandungan antioksidan didalamnya mampu merangsang produksi kolagen dalam kulit untuk membantu proses regenerasi kulit yang telah luka.

Selain itu, kandungan vitamin C yang tinggi serta kadar antioksidan yang cukup besar mampu menjaga kesehatan kulit serta merawat keremajaan kulit dari dalam. Kandungan antioksidan yang tinggi juga mampu mencegah paparan radikal bebas, serta efek buruk lainnya bagi kesehatan kulit kalian.

  • Mencegah Anemia

Buah kedondong memiliki kandungan zat besi serta vitamin B1 yang sangat tinggi, sehingga kandungan ini sangat penting dalam proses pembentukan sel darah merah, serta membantu dalam proses oksigen ke dalam tubuh untuk memperlancar aliran darah, dan secara tak langsung, kedondong mampu mencegah anemia.

  • Menjaga Kesehatan Organ Reproduksi

Kandungan vitamin A pada kedondong juga berfungsi untuk menjaga serta merawat kesehatan atau kesuburan organ reproduksi. Ada sebuah penelitian yang menjelaskan bahwa kekurangan vitamin A dapat mempengaruhi kualitas sperma dan sel telur, sehingga mengonsumsi kedondong secara teratur dapat menjaga serta merawat organ reproduksi kalian dengan baik.

Tak hanya manfaat aja yang perlu Sobat Holopis ketahui, tetapi juga efek samping atau bahaya dari buah ini jika di konsumsi secara berlebihan. Apa saja efek samping atau bahaya dari buah kedondong?

Efek Samping Buah Kedondong

Jika Sobat holopis sedang mengandung ataupun memiliki riwayat penyakit maag, disarankan untuk tidak mengonsumsi buah kedondong secara berlebihan. Berikut ini efek samping yang diberikan oleh buah kedondong saat Sobat Holopis dalam keadaan mengandung ataupun maag, antara lain:

  • Saat Kehamilan

Saat Sobat Holopis sedang mengandung atau sedang hamil, mengonsumsi kedondong dapat menyebabkan rasa mual dan munta secara berlebihan karena kedondong memiliki rasa asam yang tinggi. Jika asam lambung sudah naik hingga ke kerongkongan, maka dapat menyebabkan rasa sakit yang perih dan juga rasa panas pada dada kalian.

  • Penderita Maag

Jika Sobat Holopis memiliki riwayat penyakit maag, sangat tidak disarankan mengonsumsi buah kedondong secara berlebihan karena buah ini memiliki rasa asam yang kuat. Apabila Sobat Holopis ingin mengonsumsi buah ini, isilah perut kalian terlebih dahulu dengan makanan yang sehat.

Kadar vitamin C pada buah ini dapat membahayakan tubuh kalian, jika Sobat Holopis mengonsumsinya secara berlebihan. Dengan kondisi yang sangat parah ketika kadar vitamin C lebih, maka akan menyebabkan timbul batu ginjal. Jadi, lebih baik Sobat Holopis mengonsumsi buah ini dengan jumlah sewajarnya saja dan tak berlebihan.

Jika Sobat Holopis sudah mengetahui apa saja manfaat dan efek samping dari buah kedondong, kali ini Holopis.com akan memberikan tips menyimpan buah ini dan tips bagaimana cara mengomsumsinya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Kemenhub Dapat Tambahan Anggaran Senilai Rp6,69 Triliun Tahun 2025

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Republik Indonesia (RI) ...

Apakah Makan Es Bisa Membuat Gemuk?

Makan es, terutama dalam bentuk es krim atau dessert beku, sering kali menjadi camilan yang menyenangkan.

4 Tips Menyelamatkan Diri Dari Badai Berbahaya

Belakangan ini, beberapa wilayah di negara-negara Asia Tenggara dilanda topan dan badai yang berbahaya karena dampak dari pemanasan global.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru