Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Siapa Yang Gemar Mengonsumsi Buah Kedondong? Kenali Manfaat Hingga Bahayanya

JAKARTA, HOLOPIS.COM – Sobat Holopis pernah mengonsumsi buah kedondong? Buah satu ini termasuk buah tropis yang mudah ditemukan dan banyak yang membudidayakan buah ini.

Buah dengan rasa masam ini kerap hadir dalam kelompok rujak atau olahan asinan, karena rasa asam yang dimiliki buah ini mampu memberikan sensasi segar bagi siapapun yang mengonsumsinya.

Buah berwarna hijau ini kaya sekali akan serat dan air yang sangat menguntungkan untuk tubuh kalian loh.

Dibalik rasanya yang masam, buah ini memiliki manfaat bagi tubuh dikarenakan buah ini mengandung banyak vitamin, seperti vitamin C, B, dan A. Tak hanya vitamin, kedondong juga mengandung mineral penting seperti zat besi dan juga fosfor.

Buah kedondong dipercaya mampu meningkatkan kekebalan imun tubuh, lalu mencegah penyakit, dan juga mengatasi masalah kesehatan tertentu.

Lantas apa saja kandungan yang ada di buah kedondong?

Kandungan Buah Kedondong

Buah kedondong merupakan buah yang kaya akan mineral dan juga vitamin C. Selain itu, buah ini sering digunakan untuk terapi kerena pada daun buah kedondong serta buahnya memiliki kandungan flavonoid, saponin dan juga tannin. Berikut ini kandungan yang ada didalam buah kedondong, antara lain:

  • Protein dan Serat
  • Karbohidrat
  • Lemak
  • Vitamin A & C
  • Zat Besi
  • Kalsium
  • Fosfor

Tak hanya kandungan diatas, buah kedondong juga mengandung antioksidan flavonoid dan polifenol yang bersifat anti bakteri, sehingga dipercaya mampu mencegah penyakit dan menjaga daya tahan tubuh kalian.

Lantas apa saja manfaat buah kedondong?

Manfaat Buah Kedondong

Sebuah penelitian menjelaskan bahwa buah kedondong memiliki segudang manfaat untuk kesehatan, mulai dari meningkatkan fungsi jantung, hingga mencegah masalah pencernaan. Berikut ini manfaat dari buah kedondong yang bisa Sobat Holopis dapatkan saat mengonsumsinya, antara lain:

  • Meningkatkan Fungsi Jantung

Kandungan antioksidan glikosida pada buah kedondong dipercaya mampu membantu menjaga tekanan darah kalian, agar tetap normal dan mencegah hipertensi maupun hipotensi. Kandung ini turut membantu kelancaran aliran nutrisi melalui pembuluh darah.

Tak hanya itu, buah kedondong ini juga dipercaya mampu mencegah penyumbatan kolesterol LDL pada pembuluh darah, sehingga dapat mencegah penyakit jantung dan meningkatkan fungsi jantung dikemudian hari.

  • Mengatasi Masalah Pencernaan

Sistem pencernaan merupakan sejumlah organ yang bekerja untuk menerima dan mencerna makanan dan menjadikan nutrisi yang dapat diserap oleh tubuh. Apabila gangguan pencernaan terjadi, makanya salah satu organ sistem pencernaan tak dapat bekerja dengan baik.

Buah kedondong mengandung kadar serat yang dapat membantu mengatasi gangguan pencernaan dan membersihkan usus loh Sobat Holopis. Selain itu, kadar air yang dimiliki oleh buah kedondong juga mampu mencegah terjadinya dehidrasi.

Tak hanya buahnya saja yang menyimpan banyak manfaat, kulit dari batang pohon kedondong juga terdapat manfaat yang mampu mengatasi masalah diare dan juga disentri. Untuk mengatasi masalah pencernaan, gunakan kulit batang pohon kedondong untuk dikonsumsi dalam bentuk ramuan yang direbus.

Ekstrak kulit kayu kedondong sering sekali digunakan untuk mengobati diare dan mengatasi disentri pada pengobatan tradisional.

  • Menjaga Kesehatan Mata

Kandungan vitamin A dalam kedondong dipercaya mampu membantu meningkatkan serta mempertajam penglihatan kalian, apabila buah ini dikensumsi secara teratur.

Buah satu ini dapat dikonsumsi dalam bentuk apapun, seperti jus yang ditambahkan dengan madu.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Apakah Makan Es Bisa Membuat Gemuk?

Makan es, terutama dalam bentuk es krim atau dessert beku, sering kali menjadi camilan yang menyenangkan.

4 Tips Menyelamatkan Diri Dari Badai Berbahaya

Belakangan ini, beberapa wilayah di negara-negara Asia Tenggara dilanda topan dan badai yang berbahaya karena dampak dari pemanasan global.

5 Khasiat Buah Anggur Merah, Manis dan Banyak Manfaat Baik

Siapa sih yang tidak suka dengan anggur merah? Anggur merah adalah buah yang bukan hanya lezat tetapi juga kaya akan manfaat kesehatan.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru