TANGERANG, HOLOPIS.COM – Menjelang libur Natal, keberangkatan di terminal 2 Bandara Soekarno-Hatta masih mengalami lonjakan penumpang yang cukup signifikan.

Pantauan Holopis, Kamis (23/12) ratusan orang nampak mengantri mulai dari pemeriksaan aplikasi PeduliLindungi termasuk antrian saat Check-In maskapai di terminal 2E. Terminal 2 sendiri diketahui melayani penerbangan dalam negeri dari berbagai maskapai.

Antrian pemeriksaan PeduliLindungi itu juga mengalami kepadatan akibat proses validasi yang dilakukan secara manual imbas errornya aplikasi beberapa calon penumpang.

Namun, sebagian besar calon penumpang yang sudah terdaftar pada aplikasi PeduliLindungi nampak tidak dilakukan verifikasi lebih lanjut oleh petugas. Bahkan, saat proses check in pun petugas tidak meminta tanda bukti pemeriksaan test antigen maupun PCR kepada calon penumpang.

Situasi Verifikasi Aplikasi PeduliLindungi
Situasi Verifikasi Aplikasi PeduliLindungi

Dari pantauan di lokasi, protokol kesehatan pun hampir sebagian besar calon penumpang dan petugas mematuhinya. Meskipun begitu, masih saja ada beberapa calon penumpang dan petugas yang tidak menggunakan masker dengan sempurna.

Penerapan Proses Di Bandara Soetta
Penerapan Proses Di Bandara Soetta Sebagian Besar Dipatuhi Meski Masih Ada Beberapa Orang Yang Tidak Mengenakan Masker Dengan Baik.

Pemerintah sendiri sebelumnya diketahui membatalkan penerapan PPKM level 4 pada saat libur Natal dan Tahun baru. Oleh karena itu, sejumlah aturan termasuk perjalanan udara pun tidak jadi mengalami perubahan.

Dimana aturan penerbangan domestik yakni menyertakan test antigen untuk mereka yang sudah menerima dua dosis vaksin, dan bukti test PCR untuk mereka yang baru menerima satu dosis vaksin.