Efek Samping Buah Pepaya

Mengonsumsi pepaya secara berlebihan justru akan menimbulkan efek samping bagi kesehatan kalian. Jika kalian mengalami kondisi tertentu atau sedang dalam pengobatan tertentu, akan dapat merasakan dampak buruk dari pepaya.

Berikut ini efek samping yang diberikan oleh pepaya jika dikonsumsi secara berlebihan, antara lain:

  • Alergi Pernapasan

Kandungan enzim yang ada didalam pepaya bisa menjadi alergen yang kuat dan dapat memicu berbagai gangguan pernapasan seperti sesak napas, bersin, asma, dan juga hidung tersumbat. Jika Sobat Holopis memiliki gangguan pernapasan seperti asma atau kondisi alergi lainnya, disarankan untuk mempertimbangkan mengonsumsi pepaya muda yang mengandung banyak enzim papain.

  • Gangguan Pencernaan

Kandungan serat pada buah pepaya sangat baik bagi kesehatan kita, tetapi jika kalian mengonsumsi secara berlebihan, pepaya justru menyebabkan gangguan pada pencernaan.

Tak hanya buah pepaya, semua buah yang mengandung serat juga bisa memperburuk diare jika kalian mengonsumsinya dengan jumlah yang besar. Selain itu, mengonsumsi buah pepaya secara berlebihan yang tak dibarengi dengan konsumsi cairan juga dapat menyebabkan sembelit, karena enzim papain dalam buah pepaya yang mempengaruhinya, dan bisa menyebabkan kembung, iritasi lambung, kram pada perut, dan juga mual.

  • Ruam Pada Kilat

Kandungan enzim papain sering sekali menjadi bahan untuk pembuatan krim penuaan dini. Namun, tak semua jenis kulit beraksi positif terhadap topikal papain pepaya. Kalian yang mengalami alergi lateks juga mungkin alergi terhadap pepaya karena pepaya mengandung enzim yang disebut dengan chitanases, dan alergi lateks biasanya menimbulkan ruam, panas, dan juga kemerahan pada kulit, lalu gejala lainnya yang timbul adalah kulit gatal dan juga kulit kering.

  • Mempengaruhi Sistem Reproduksi

Jika kalian mengonsumsi pepaya secara berlebihan, maka kalian akan menyebabkan masalah dengan kesuburan. Masalah tersebut disebabkan oleh papain yang ada pada buah pepaya. Papain adalah kandungan enzim yang dapat membantu memperlancar penceraan, tetapi enzim ini juga yang dapat menimbulkan dampak buruk pada kesehatan tubuh kita.

Mengonsumsi pepaya dengan jumlah yang berlebihan, akan menekan progesteron yang membuatnya menjadi kontrasepsi alami. Selain itu juga menyebabkan penurunan jumlah sperma dan menyebabkan infertilitas. Untuk wanita yang sedang hamil atau mencoba untuk program kehamilan, disarankan untuk tak mengonsumsi buah ini.

  • Memperlambat Detak Jantung

Untuk Sobat Holopis yang memiliki riwayat gangguan jantung, cobalah untuk menghindari konsumsi pepaya secara berlebihan, karena kandungan papain dapat memperlambat laju detak jantung dengan cara yang sangat berbahaya, dan inilah yang kemungkinan memicu kondisi kardiovaskular yang serius. Jika kalian memiliki masalah kardiovaskular, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter sebelum kalian mengonsumsi pepaya.

Jika kalian memiliki riwayat penyakit, sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu agar tak menyebabkan efek samping yang berbahaya.