Manfaat Pepaya

Sobat Holopis mungkin mengenal pepaya hanya sebagai buah yang dapat melancarkan pencernaan, sebenarnya ada beragam manfaat lainnya yang baik untuk kesehatan tubuh, antara lain:

  • Menjaga Kesehatan Rambut dan Kuku

Kandungan vitamin dan mineral pada buah pepaya dipercaya dapat meningkatkan pertumbuhan rambut dan juga kuku. Bahkan buah ini bisa dijadikan masker rambut untuk menyuburkan dan melebatkan rambut.

  • Menjaga Kesehatan Mata

Tahukah Sobat Holopis bahwa buah pepaya mengandung vitamin A yang dipercaya baik untuk mata. Tak hanya itu, kandungan vitamin A juga dapat menurunkan risiko terjadinya gangguan penglihatan yang berkaitan dengan pertambahan usia.

  • Menjaga Kestabilan Sistem Imun Tubuh

Tak hanya menjaga kesehatan mata, buah pepaya juga bermanfaat untuk menjaga kestabilan sistem imun tubuh. Buah ini kaya akan vitamin A, C, dan juga E, dimana ketiga vitamin itu dibutuhkan oleh sistem kekebalan tubuh kita. Saat sistem imun tubuh kita makin prima, maka risiko terserang penyakit infeksi semakin berkurang.

  • Menjaga Kesehatan Jantung

Kandungan vitamin C dan likopen pada buah pepaya, dipercaya sebagai makanan yang baik untuk mengurangi risiko penyakit jantung. Tak hanya itu, kandungan antioksidan pada pepaya juga dapat meningkatkan efek baik pada kolesterol (HDL) yang tersimpan dalam tubuh kalian.

  • Menyembuhkan Kulit Terbakar Sinar Matahari

Buah pepaya mengandung zat antioksidan, yaitu likopen, dimana sebuah penelitian menjelaskan bahwa mengonsumsi makanan yang mengandung likopen dapat menjaga kesehatan kulit, karena likopen dipercaya dapat menangkal kerusakan sel yang diakibatkan dari paparan sinar matahari. Tak hanya itu, pepaya juga dapat mengurangi kulit kemerahan akibat terbakar sinar matahari.

  • Melancarkan Pencernaan

Manfaat terakhir dan yang paling sering didengar adalah melancarkan pencernaan, karena kandungan serat yang tinggi dan juga enzim papain yang membuat protein lebih mudah dicerna. Asa sebuh penelitian yang menjelaskan bahwa mengonsumsi buah pepaya secara rutin dapat meredakan perut kembung.

Tak hanya bermanfaat untuk tubuh, buah pepaya juga memiliki efek samping jika Sobat Holopis mengonsumsi secara berlebihan. Lantas apa saja efek sampingnya?